Dinkes OKU gulirkan program BIAS

id Program BIAS, imunisasi anak, pelajar sekolah, Dinas Kesehatan OKU

Dinkes OKU gulirkan program BIAS

Seorang pelajar SD disuntik imunisasi dalam Program BIAS, Selasa (14/11/2023). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menggulirkan Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) untuk mewujudkan generasi muda yang unggul dan sehat.

Subkordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU Muhammad Yunius di Baturaja, Selasa, mengatakan BIAS dilaksanakan setiap tahun pada Agustus untuk Imunisasi MR dan HPV serta November untuk imunisasi DT dan Td.

"Setiap anak usia sekolah harus dipastikan memiliki riwayat imunisasi rutin lengkap," ujar dia.

Program ini menyasar pada 20.856 siswa sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiah (MI) atau sederajat di Kabupaten OKU.

Pemberian imunisasi itu dengan cara "jemput bola" hingga desa-desa oleh tenaga kesehatan di seluruh puskesmas di wilayah tersebut.

Dia menjelaskan  Program BIAS untuk meningkatkan kekebalan anak usia sekolah terhadap penyakit campak, rubela, tetanus, dan difteri.

Selain itu, vaksin BIAS juga dapat memberikan kekebalan bagi anak perempuan usia sekolah terhadap penyakit kanker leher rahim serta menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit-penyakit tersebut.

"Sasaran pelaksanaan BIAS adalah untuk anak kelas satu, dua, dan lima," katanya.

Dalam program itu, siswa kelas 1 akan mendapatkan imunisasi MR dan DT untuk mencegah penyakit tetanus, difteri, campak, dan rubella, sedangkan murid kelas dua dan lima akan mendapatkan imunisasi Td untuk mencegah tetanus, dan khusus pelajar perempuan diberi imunisasi HPV guna mencegah penyakit kanker leher rahim.

"Program BIAS sangat penting karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi," ujar dia.