Pemerintah mulai melaksanakan imunisasi nasional Rotavirus

id imunisasi rotavirus,program imunisasi nasional,kesehatan anak,diare berat,Kementerian Kesehatan,berita sumsel, berita palembang

Pemerintah mulai melaksanakan imunisasi nasional Rotavirus

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono memberikan imunisasi Rotavirus pada anak pada acara pencanangan program imunisasi nasional Rotavirus secara nasional di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (15/08/2023). (ANTARA/Nur Suhra Wardyah)

Makassar (ANTARA) - Pemerintah pada Selasa mulai melaksanakan program imunisasi nasional Rotavirus guna mencegah kejadian diare berat pada anak.

Wakil Menteri Kesehatan Prof Dante Saksono Harbuwono pada acara pencanangan imunisasi Rotavirus (RV) di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, mengatakan bahwa program imunisasi nasional Rotavirus dilaksanakan untuk menanggulangi diare pada anak.

Baca juga: Pekan Imunisasi momen tingkatkan kesadaran pentingnya imunisasi

Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa diare terjadi pada satu dari delapan anak di Indonesia dan merupakan penyebab kematian terbanyak kedua setelah pneumonia.

Guna menanggulangi diare pada anak, pemerintah pada tahun 2022 melaksanakan imunisasi Rotavirus secara bertahap di 21 kabupaten dan kota di 18 provinsi dengan jumlah sasaran sebanyak 196.876 bayi.

Pada tahun 2023, pemerintah melaksanakan program imunisasi nasional untuk memperluas jangkauan pelayanan imunisasi Rotavirus.

"Kita harap dengan pencanangan ini anak-anak kita di darat maupun di daerah kepulauan bisa mendapat imunisasi RV," kata Dante.