Tanam perdana kedelai di Kabupaten Lahat

id kedelai, kacang kedelai

Tanam perdana kedelai di Kabupaten Lahat

Area tanam kedelai. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Lahat  Sumatera Selatan melakukan tanam perdana kacang kedelai untuk menunjang pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah pusat.

Tanam perdana kacang kedelai seluas 245 hektare di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kamis (4/6), dikoordinir Kodim 0405/Lahat bersama pemerintah kabupaten setempat.

Dandim 0405 Lahat Letnan Kolonel Inf Tri Haksoro mengatakan, tanam perdana kacang kedelai ini adalah upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Upaya khusus dalam meningkatkan ketahanan pangan itu, di antaranya melalui peningkatan produksi kacang kedelai, ujar dia.

Selain padi dan jagung, ketahanan pangan harus didukung dengan pengembangan kacang kedelai, katanya.

Karena itu, pihaknya mendukung sepenuhnya program ketahanan pangan melalui berbagai upaya, di antaranya percepatan tanam termasuk memperluas areal budidaya kacang kedelai.

Menurutnya, pelaksanaan program ketahanan pangan itu bekerja sama dengan pemerintah setempat.

Dandim Lahat itu berharap jajarannya selalu bersinergi dengan pihak yang terkait dalam menunjang program ketahanan pangan daerah ini.

Menurut dia, anggota Kodim 0405/Lahat di tingkat bintara pembina desa (Babinsa) dapat berperan sebagai motivator dan dinamisator di lapangan untuk mengoptimalkan potensi yang ada.

Dia yakin, dengan kebersamaan itu, maka target yang ditetapkan dapat terwujud sehingga Lahat dapat berkontribusi dalam pencapaian swasembada pangan.

Tanam perdana kacang kedelai itu juga dihadiri antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat, Kepala Dinas Pertanian, dan instansi terkait lainnya.