Dulmuluk akan meriahkan Festival Sriwijaya di Palembang

id pemprov, humas pemprov

Dulmuluk akan meriahkan Festival Sriwijaya di Palembang

Irene (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertunjukan kesenian tradisional Dulmuluk akan memeriahkan Festival Sriwijaya di Palembang pada 11-15 Juni 2015, karena kesenian tradisional tersebut sudah jarang dipentaskan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Senin mengatakan, kesenian tradisional itu nantinya akan ditampilkan pada Festival Sriwijaya.

Nantinya akan dilaksanakan parade dan pertunjukan Dulmuluk selama pelaksanaan Festival Sriwijaya berlangsung, ujar dia.

Menurut dia, ditampilkannya kesenian Dulmuluk itu untuk memghibur pengunjung dan seluruh lapisan masyarakat yang ada di daerah ini.

Hal in karena pertunjukan Dulmuluk sekarang ini sudah jarang ditampilkan sehingga melalui Festival Sriwijaya warga kembali dapat menyaksikannya.

Namun, yang lebih penting lagi dengan ditampilkannya kesenian tradisional tersebut supaya keberadaannya semakin lestari.

Menurut dia, sekarang ini kesenian tradisional tersebut jumlah para pemainnya sudah mulai berkurang sehingga perlu diadakan regenerasi baru supaya salah satu aset budaya itu tidak punah.

Dengan adanya pertunjukan maka secara tidak langsung masyarakat ingin melihat dan mempelajari keberadaan kesenian Dulmuluk, ujar dia.

Yang jelas dengan ditampilkannya kesenian khas daerah maka para wisatawan akan semakin tertarik untuk berkunjung ke Sumsel, kata dia.

Oleh karena itu pihaknya akan menampilkan kesenian Dulmuluk dalam pelaksanaan Festival Sriwijaya mendatang, tambah dia.