Dinkes Muba tingkatkan kemampuan bidan desa

id dinkes, pelayanna kesehatan, bidan desa

...Guna meningkatan kemampuan bidan desa tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin menggelar kegiatan pertemuan peningkatan kapasitas bidan dalam supervisi fasilitatif 2014...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya meningkatkan kemampuan bidan desa sebagai petugas kesehatan atau penyelia fasilitatif program kesehatan ibu hamil.

Guna meningkatan kemampuan bidan desa tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin menggelar kegiatan pertemuan peningkatan kapasitas bidan dalam supervisi fasilitatif 2014 di Sekayu, Rabu.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinkes Muba, dr Dewi Etikawati mengatakan, berdasarkan kesepakatan global atau Millenium Development Goals (MDGs), diharapkan pada 2015 angka kematian ibu semakin menurun.

Untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), perlu dilakukan kegiatan supervisi fasilitatif yang bertujuan untuk menilai kepatuhan terhadap standar pelayanan KIA yang dilaksanakan oleh bidan atau petugas kesehatan di lapangan yang dilanjutkan dengan proses peningkatan kualitas di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Penurunan angka kematian ibu hamil akan terlaksana bila sistem pelayanan kesehatan ibu d itingkat pelayanan dasar dan puskesmas dapat terlaksana dan mempunyai sistem pelayanan dengan prosedur atau protap yang sesuai standar," ujarnya.

Untuk itu, perlu peningkatan kemampuan bidan atau petugas kesehatan sebagai penyelia fasilitatif program kesehatan ibu hamil dan faktor penting dalam kegiatan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu adalah tersedianya tenaga kesehatan yang kompeten dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat sehingga peningkatan kualitas kesehatan sesuai dengan MDGs 2015 bisa tercapai.

Sementara Ketua Pelaksana Pertemuan Peningkatan Kapasitas Bidan Dalam Supervisi Fasilitatif, Ahmad Sadiq mengatakan, kegiatan itu diikuti 26 peserta utusan puskesmas atau poskesdes wilayah Kabupaten Muba.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 25-27 Juni 2014, bertujuan untuk memperkuat prosedur manajemen pelayanan KIA sehingga dapat terlaksana sesuai dengan standar serta meningkatkan kemampuan, keterampilan bidan dalam memfasilitasi permasalahan kesehatan ibu hamil di wilayah kerjanya, ujar Ahmad.