Pemkab Muba sediakan mesin anjungan surat administratif

id musi banyuasin,mesin anjungan surat administratif,pelayanna publik muba terbaik,mesin anjungan,sekda muba,sektor perizin

Sekda Musi Banyuasin Apriyadi (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

....Nanti masyarakat cukup masukkan saja NIK KTP, pilih butuh surat apa, lalu mesin akan mencetaknya dalam bentuk lembaran kertas....
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan menyediakan mesin anjungan surat administratif untuk memudahkan warganya saat mengurus keperluan jika dibutuhkan dalam waktu cepat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Apriyadi, di Palembang, Sabtu, mengatakan mesin tersebut berbentuk seperti ATM bank, namun keluarannya (output) berupa Kartu keluarga, salinan KTP, dan surat-surat administratif lainnya.

"Nanti masyarakat cukup masukkan saja NIK KTP, pilih butuh surat apa, lalu mesin akan mencetaknya dalam bentuk lembaran kertas," ujar Apriyadi kepada Antara.

Mesin anjungan tersebut belum ada di Indonesia, kata dia, namun sudah banyak tersedia di Jepang dan Korea, Pemkab Muba merasa perlu menghadirkannya karena terbukti efektif untuk masyarakat.

Rencana mesin anjungan surat administratif bagian dari peta jalan (roadmap) reformasi birokrasi pelayanan publik Pemkab Muba yang efektif, efisien dan semakin memudahkan masyarakat.

"Mesin anjungan dapat mengeluarkan surat-surat administratif setiap saat, tidak mengikuti operasional dinas, nanti akan dipasang di Mall Pelayanan Publik Muba atau di lokasi-lokasi straegis lain, sementara ini kami masih meninjau kembali perencanaan terkait keamanannya," kata Apriyadi.

Surat-surat administratif sangat dibutuhkan ketika masyarakat mengurus berbagai perizinan, mulai dari izin bangunan, ijin menetap, dagang, sampai izin usaha kecil-menengah, sehingga aspek-aspek terkait izin harus dibenahi terus menerus.

"Mudahnya perizinan akan berdampak langsung dengan geliat ekonomi masyarakat, apalagi Pemkab Muba mendorong secara khusus pengembangan sektor usaha kecil menengah agar masyarakat dapat bertahan di tengah kelesuan sektor perkebunan," tambah Apriyadi.

Selain itu, Pemkab Muba juga segera membangun mal pelayanan publik pada 2020 guna mempermudah pengurusan 60 lebih jenis perizinan bagi masyarakat maupun investor di Muba.

Ia menyebutkan sektor perizinan di Muba salah satu terbaik nasional dengan berbagai penghargaan yang telah diterima, salah satunya penghargaan Inovasi Pantun Produk Penanaman Modal dan Perijinan-Senjang dari Kemen PAN-RB pada 2018.*

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar