Imigrasi Palembang lakukan pelayanan paspor "jemput bola"

id imigrasi, imigrasi palembag, papsor, pelayanna paspor haji, paspor, pelayanan papsor khsus, pelayanan paspor jemput bola,berita sumsel,berita palemban

Imigrasi Palembang lakukan pelayanan paspor "jemput bola"

Dokumentasi- Masyarakat antri membuat paspor di Kantor Imigrasi Palembang. (ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Sumatera Selatan, mulai Januari 2019 melakukan pelayanan pembuatan paspor bagi calon jamaah haji di luar Palembang dengan cara "jemput bola".

Bagi calon jamaah haji yang berada di luar Palembang, tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi karena ada layanan khusus di daerah yang jadwalnya ditetapkan sesuai kesepakatan dengan Kantor Kementerian Agama setempat, kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Triman di Palembang, Rabu.

Pelayanan khusus di daerah yang terdapat banyak calon jamaah haji yang akan mengurus dokumen perjalanan ibadah ke luar negeri itu atau pelayanan paspor `jemput bola" beberapa hari terakhir telah dilakukan di wilayah Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Dengan pelayanan "jemput bola" sekitar 200 jamaah calon haji di Lempuing, Ogan Komering Ilir tidak perlu ramai-ramai datang ke Kantor Imigrasi Palembang untuk membuat paspor, cukup berkumpul pada suatu lokasi yang difasilitasi Kementerian Agama, petugas Imigrasi Palembang akan datang ke tempat mereka.

Setelah Kabupaten Ogan Komering Ilir, pihaknya juga berupaya membuka pelayanan `jemput bola" di daerah lainnya yang termasuk dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang seperti Kabupaten Ogan Ilir, Prabumulih, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin, katanya.

Dia menjelaskan, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang pada 2019 ini ditetapkan Kemenag berangkat ke Tanah Suci Mekkah, dilakukan pelayanan jemput bola dengan menurunkan tim pelayanan keliling.

"Kami berupaya memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik kepada calon jamaah haji yang akan membuat paspor. Bagi masyarakat yang berada di luar Kota Palembang tidak perlu ke Ibu kota Provinsi Sumsel ini karena ada tim yang siap melakukan pelayanan jemput bola," ujarnya.

Selain menyiapkan tim khusus untuk memberikan pelayanan pembuatan paspor bagi calon jamaah haji, jika ada permohonan Kemenag untuk pelayanan yang lebih cepat akan dibuka pelayanan pada hari libur akhir pekan.

Melalui pelayanan tersebut pihaknya optimistis pembuatan paspor untuk sekitar 3.000 calon jamaah haji yang akan berangkat pada 2019 atau musim haji 1441 Hijriah bisa diselesaikan sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan Kementerian Agama, kata Triman.