IMI Sumsel gelar pelatihan "drag bike"

id balap, balap motor, otomotif, IMI Sumsel, Augie Bunyamin, IMI Sumsel gelar pelatihan drag bike

IMI Sumsel gelar pelatihan "drag bike"

Drag bike (FOTO ANTARA)

"Harapannya, dengan diberikan pengarahan oleh para profesional dan pendekatan secara persuasif dapat menyadarkan para remaja untuk tidak melakukan balapan liar," kata kata Ketua Harian IMI Sumsel Augie Bunyamin.
Palembang (ANTARA Sumsel) - Ikatan Motor Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menggelar pelatihan "drag bike" di Palembang, Minggu, dengan diikuti puluhan orang anggota komunitas pembalap dan para pelajar.

"Pelatihan gratis ini terlaksana berkat kerja sama dengan Yamaha Racing Academic, event organizer Oksigen dan Arif Oto Sport Club (AOSC) dengan memanfaatkan areal di samping gedung Bank Sumsel Babel (BSB) Jakabaring sepanjang 200 meter," kata Ketua Harian IMI Sumsel Augie Bunyamin.

Ia mengemukakan, panitia penyelenggara menggaet instruktur dari Yamaha Racing Academic Jakarta untuk memberikan pelatihan kepada sekitar 150 orang pebalap itu.

Kota Palembang sendiri menjadi tujuh provinsi yang dipilih Yamaha Racing Academic untuk penyelenggaraan pelatihan drag bike. Selain itu, terdapat juga Malang, NTT, Pekanbaru, Bali, Bandung, dan Jakarta.

"Harapannya, dengan diberikan pengarahan oleh para profesional dan pendekatan secara persuasif dapat menyadarkan para remaja untuk tidak melakukan balapan liar," ujarnya.

Drag bike merupakan kejuaraan mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi yang dilakukan dalam sebuah lintasan pacu aspal di dua buah jalur lurus sejajar dengan panjang yang sama.

Garis start sampai dengan finish mencapai sepanjang 201 meter, dan panjang lintasan pengereman sepanjang 201 meter.

Adapun kelas-kelas yang dipertandingkan pada Kejuaraan Nasional Drag Bike, yakni, kelas campuran 250 cc 2 langkah tune up : 80 cc s/d 250 cc, kelas bebek 125 cc 4 langkah tune up : 80 cc s/d 130 cc, kelas sport 150 cc 2 langkah tune up : 135 cc s/d 155 cc, dan kelas bebek 125 cc 2 langkah tune up : 80 cc s/d 125 cc.