Tiga menteri hadiri kongres ISKI di Padang

id iski, sarjana komunikasi, kongres, seminar

Tiga menteri hadiri kongres ISKI di Padang

Tifatul Sembiring (FOTO ANTARA)

...Seminar nasional dengan tema komunikasi 2014 merupakan rangkaian kegiatan kongres VI ISKI yang akan mengupas komunikasi politik menghadapi Pemilu 2014...
Padang (ANTARA Sumsel) - Tiga menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II dijadwalkan menghadiri Seminar Nasional dan Kongres VI Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) di Padang pada tanggal 26-27 November 2013.
        
Ketiganya yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, serta Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo, kata Ketua Panitia Seminar dan Kongres ISKI Yuliandre Darwis di Padang, Minggu.
        
Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dijadwalkan membuka acara, sementara Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan tampil sebagai pembicara dengan tema "Media Pemilu dan Komunikasi 2014", serta Menteri Olahraga Roy Suryo berbicara pada sesi yang mengangkat tema "Pemuda Dalam Politik".
        
Ia menjelaskan seminar nasional dengan tema komunikasi 2014 merupakan rangkaian kegiatan kongres VI ISKI yang akan mengupas komunikasi politik menghadapi Pemilu 2014.
        
Tema ini diambil karena pada 2014 perhatian semua pihak banyak tertuju pada apapun yang menyangkut pemilihan umum baik legislatif maupun Presiden dan Wakil Presiden, kata dia.
        
Dikatakannya, para ahli, praktisi dan akademisi di bidang komunikasi memandang pertarungan untuk memenangi kompetisi dalam pemilu tidak dapat dilepaskan dari unsur komunikasi dalam segala bentuknya.
        
Dalam hal ini komunikasi dilakukan oleh para calon dan partai politik dengan menampilkan citra terbaik untuk memikat hati masyarakat.
        
Tidak hanya itu, komunikasi juga dilakukan dengan cara terbuka maupun tertutup, adu argumen dan kegiatan, pencitraan dan perusakan citra, berbagai ragam jajak pendapat baik yang representatif hingga yang manipulatif maupun misinterpretatif.
        
Sebelum memasuki rangkaian utama Seminar Nasional Komunikasi, pada Senin (25/11) juga akan digelar Konferensi Internasional bidang Komunikasi dan Budaya Asia Tenggara.
        
Acara ini kerja sama antara ISKI, Universitas Andalas dan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia. Hadir sebagai pembicara utama adalah Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia.
    
Kongres VI ISKI
   
Selain menggelar Seminar Nasional Komunikasi, ISKI juga menyelenggarakan Kongres ke-6 yang akan memilih ketua yang baru.
        
Koordinator Media dan Publikasi Kongres VI ISKI Wahyu Aji mengatakan hingga saat ini, tercatat empat nama yang ramai dibicarakan sebagai kandidat ketua umum ISKI.
        
Keempat nama tersebut adalah Meneg BUMN Dahlan Iskan, Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Andi Faisal Bakti, Direktur Utama PT Infomedia Nusantara Edi Kurnia dan akademisi dari Universitas Andalas Yuliandre Darwis.
        
Dikatakannya empat kandidat tersebut merupakan praktisi dan pakar di bidang komunikasi, yang diharapkan dapat membawa ISKI menjadi organisasi kepakaran bidang komunikasi di Indonesia yang tidak hanya diperhitungkan kiprahnya di tingkat nasional, tapi juga dunia.