Lampung juga produksi mobil Esemka

id mobil esemka, lampung, pelajar

...Mobil Esemka jenis SUV (sport utility vehicle) yang dipamerkan disela-sela pelantikan pengurus Kadin Provinsi Lampung mendapatkan perhatian pengunjung...
Bandarlampung (ANTARA Sumsel) - Mobil merek Esemka buatan SMK Negeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah, makin diminati warga dan  pemerintah daerah di Provinsi Lampung.
        
Mobil Esemka jenis SUV (sport utility vehicle) yang dipamerkan disela-sela pelantikan pengurus Kadin Provinsi Lampung, di Hotel Novotel Bandarlampung, Jumat malam, mendapatkan perhatian pengunjung, baik anggota Kadin maupun tamu undangan yang hadir pada acara itu.
        
Sekretaris Daerah Lampung Berlian Tihang langsung memesan satu unit mobil Esemka jenis SUV buatan siswa SMK Negeri 2 Terbanggi Besar tersebut, sedang Wali Kota Bandarlampung Herman HN berencana memesan lima unit untuk tipe yang sama digunakan untuk kendaraan operasional.
        
Sekdparov Lampung Berlian Tihang, Wali Kota Bandarlampung Herman HN, Ketua Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto, Ketua Kadin Lampung Mustafa dan sejumlah pengurus Kadin lainnya juga meminati mobil Esemka buatan siswa SMK tersebut.
        
Mereka melihat mesin serta interior kendaraan tersebut yang dinilainya tidak kalah dibandingkan dengan mobil buatan Jepang.
        
Bahkan Berlian Tihang sempat menaiki kendaraan tersebut dan menghidupkan mesinnya.
        
"Suara mesinnya halus tidak kalah dari mobil buatan Jepang. Saya pesan satu," kata dia.
        
Ia mengatakan produksi masal mobil buatan dalam negeri dengan harga murah diharapkan segera terwujud sehingga mobil impor tidak lagi membanjiri Tanah Air.
        
Wali Kota Bandarlampung Herman HN yang tidak mau kalah dengan Sekdaprov juga turut memesan lima unit kendaraan jenis SUV tersebut untuk kendaraan operasional Pemkot Bandarlampung.
        
Ia mengaku bangga dengan siswa SMKN 2 Terbanggi Besar yang mampu membuat mobil Esemka tersebut sehingga hasil karyanya dapat dikenal luas.
        
Selain sumber daya manusia yang tersedia, ia juga mengharapkan Provinsi Lampung dapat dijadikan pabrik pembuatan mobil Esemka tersebut.
        
Pengurus Kadin Lampung juga berencana akan memesan beberapa unit mobil Esemka tersebut untuk kendaraan operasional mereka.
        
Pameran itu juga memamerkan mobil buatan siswa SMKN 2 lainnya yakni jenis bak terbuka yang cocok digunakan untuk mengangkut bahan material maupun hasil pertanian.
        
Kepala SMKN 2 Terbanggi Besar Joni Syarif mengatakan, sekolahnya merupakan bagian dari 23 SMK di Tanah Air yang memproduksi mobil merek Esemka dan SMKN 2 merupakan satu-satunya yang dipercaya memproduksi mobil ini di Sumatera.
        
Ia menambahkan komponen mesin khusus tipe SUV, sebesar 90 persen berasal dari Jepang dengan menggandeng Mitsubishi dan untuk bak terbuka, 90 persen dari total komponennya telah diproduksi di dalam negeri.(ANT-A054)

Editor: Awi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar