Jalan penghubung di Desa Pandan longsor

id longsor, jalan longsor

Jalan penghubung di Desa Pandan longsor

Ilustrasi - Jalan Rawan longsor (Foto: antarasumsel.com/Parni)

Penukal Abab (ANTARA Sumsel) - Jalan penghubung Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dengan Kota Prabumulih Sumatera Selatan di Desa Pandan Kecamatan Tanah Abang, mengalami longsor sejak Selasa (8/11) akibat tergerus air Sungai Lematang hingga nyaris membuat jalur darat ini terisolir.

Kepala Dinas PU Bina Marga Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Ety Murniati di Pali, Kamis mengatakan, kondisi terkini jalur jalan longsor ini tengah diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) setempat agar warga bisa melintasi jalur itu untuk beraktifitas kembali.

Dijelaskannya, pihak PUBM setempat tengah melakukan penimbunan dan perbaikan sementara di lokasi longsor agar bisa dilalui kendaraan yang bertonase ringan juga berat.

Rencana kedepan jalan yang mengalami longsor tersebut bakal dipindah jalurnya dianggaran tahun depan, katanya.

"Tahun depan kita pindahkan jalan tersebut, karena letaknya persis di kelokan aliran Sungai Lematang yang rawan longsor.

Ia mengatakan, mengenai pembebasan lahan untuk memindahkan jalan tersebut pembebasan lahan sudah dibayar, tinggal pelaksanannya saja.

Ia berharap, masyarakat bersabar karena tidak lama lagi akses dari Kabupaten Pali menuju Kota Prabumulih atau ke Palembang melalui jalur Tanah Abang tidak lagi terhambat.

Jalan yang longsor saat ini sudah bisa dilalui kendaraan, dan tahun depan diharapkan lancar, karena selain jalurnya dipindahkan, jalan dari Kecamatan Tanah Abang itu mulai dilakukan pelebaran, katanya.