Telkomsel umumkan 20 Finalis "the nextdev" 2016

id telkomsel, the nextdev, 20 finalis, momen Hari Sumpah Pemuda, Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati

Telkomsel umumkan 20 Finalis "the nextdev" 2016

the nextdey (Foto Antarasumsel.com/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Telkomsel mengumumkan 20 finalis yang akan bersaing dalam putaran final "the nextdev" 2016 bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda.

"Pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kami mengumumkan 20 kelompok anak muda berprestasi yang terpilih menjadi finalis kompetisi the nextdev 2016," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati di Palembang, Jumat.

Menurut dia, kedua puluh finalis kompetisi mobile apps developer muda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini sudah melalui tahapan kualifikasi atau seleksi tingkat regional dan nasional berlangsung sejak awal Oktober 2016.

"Sebagai perusahaan yang peduli terhadap masa depan generasi muda Indonesia, Telkomsel selalu berupaya untuk turut mendukung peningkatan kualitas dan kapasitas generasi muda kita," katanya.

Ia mengatakan, 20 finalis the nextdev yang berasal dari berbagai daerah di tanah air menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan potensi kreativitas dari mobile apps developer muda tersebar di berbagai wilayah.

Antusiasme sangat tinggi mulai dari periode roadshow yang sebelumnya telah berlangsung di 20 kota hingga proses penjurian menuju 20 besar, memperlihatkan bahwa anak muda Indonesia ingin berkontribusi terhadap perubahan lebih baik di kotanya melalui karya-karya kreatif mereka lahirkan.

Sekitar 1.000 lebih aplikasi mobile telah terdaftar untuk berkompetisi dalam the nextdev 2016 dan dari seluruh aplikasi mobile yang masuk tersebut, dilakukan kualifikasi tingkat regional menghasilkan 80 kontestan.

Selanjutnya, dalam seleksi tingkat nasional, proses penjurian yang berlangsung selama dua hari untuk menentukan 20 peserta terbaik dilaksanakan secara transparan dan akuntabel, melalui video conference antara dewan juri baik internal maupun eksternal Telkomsel di Jakarta dan para peserta berlokasi di 19 titik.

Para kontestan tersebut melakukan pitching atas karya mereka di hadapan para juri yang merupakan praktisi dan pakar berpengalaman di industri digital, di antaranya Enda Nasution (Founder Sebangsa), Andreas Senjaya (Co-Founder and CEO iGrow) dan Octa Ramayana (Academic and Research Partner Kibar).

Para finalis akan memperoleh pelatihan dan pendampingan secara intensif dari beberapa pakar untuk mengembangkan technical maupun soft skills, mulai dari teknik melakukan coding, marketing skills, hingga communications skills.

Ia menuturkan, the nextdev merupakan sebuah kompetisi bertujuan untuk menggali potensi anak muda Indonesia dalam menciptakan mobile apps yang mampu memberikan dampak sosial dan positif bagi masyarakat.

Jadi, the nextdev mengajak anak muda untuk mewujudkan imajinasi dan ide mereka dalam hal pengembangan smart city (kota pintar) dan daerah pedesaan, serta menjadi bagian dari program untuk membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik, katanya.