Jalan lintas provinsi Musirawas-Palembang sepi kendaraan

id jalan, jalan lintas sumatera, jalur mudik, mudik lebaran

Jalan lintas provinsi Musirawas-Palembang sepi kendaraan

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/14/Edo Permana)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Jalan lintas provinsi Sumatera Selatan Musirawas-Musi Banyuasin-Palembang, pasca lebaran 2016 sepi kendaraan pribadi karena puncak arus mudik melewati jalan itu terjadi Sabtu dan Minggu (9-10 Juli).

Salah seorang petugas pada pos keamanan di Kecamatan Muara Kelinggi, Harun, Senin mengatakan jalan lintas provinsi Sumsel itu hanya dipadati oleh kendaraan travel dan sedikit kendaraan pribadi.

Ia mengatakan, puncak mudik lebaran melintasi wilayah itu terjadi dua hari lalu, sebagian besar kendaraan pribadi yang diduga digunakan para pegawai negeri sipil (PNS) akan masuk kerja, Senin (11/7).

Berdasarkan catatan pada arus mudik lebaran tahun ini tidak begitu padat yang melewati jalan lintas Musirawas, Musi Banyuasin-Kota Palembang karena sebagian pegawai menggunakan jasa travel.

Arus mudik di wilayah itu sejak Jumat (8/7) rata-rata kendaraan mencapai antara 30-40 unit per jam, namun hingga Minggu (10/7) malam turun derastis menjadi antara sepuluh hingga 15 kendaraan sebagian besar kendaraan travel.

"Meskipun arus mudik di wilayah itu turun, kami tetap melakukan pengamanan ekstra ketat dan menyediakan tempat istirahat bagi sopir dan penumpang yang kelelahan, disamping disiagakan petugas kesehatan," katanya.

Aidil (54) salah seorang pejabat di lingkungan Pemkab Musirawas mengatakan pada mudik lebaran tahun ini pihaknya tidak membawa kendaraan pribadi, tapi menggunakan jasa kereta api dan jasa travel.

"Mudik lebaran tahun ini sengaja tidak membawa kendaraan pribadi untuk mengurangi tingkat kepadatan di jalan lintas provinsi dan jalan lintas Tengah Simatera wilayah itu," ujarnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musirawas Hariyanto membenarkan arus balik lebaran melewati jalan lintas provinsi itu mulai normal seperti hari-hari biasa.

Namun untuk jalan Lintas Tengah-Sumatera yang melewati wilayah itu masih terlihat padat, karena bukan hanya kendaraan pribadi tapi juga bus dan truk bermuatan penuh.

"Kami bersama satuan polisi lalu lintas tetap siagakan personel pengamanan untuk mengantisipasi kecelakaan pada arus mudik Idul Fitri 1437 H," katanya.