Sumsel berharap penambahan kuota haji

id kanwil kemenag sumsel, quota haji, haji

Sumsel berharap penambahan kuota haji

Jamaah calon haji embarkasi Palembang (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan mengharapkan ada penambahan jumlah kuota calon jemaah haji yang akan diberangkatkan menunaikan rukun Islam kelima pada 2016.

"Sumsel masih menunggu perjuangan Menteri Agama untuk mendapatkan tambahan jumlah kuota calon haji Indonesia pada 2016. Jika itu berhasil tidak menutup kemungkinan kuota untuk Sumsel akan bertambah," kata Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin di Palembang, Kamis.

Menurut dia, Menteri Agama akan memperjuangkan penambahan 10 ribu orang calon jemaah haji Indonesia.

Namun, ujar dia, saat ini belum ada informasi tentang penambahan jumlah pemberangkatan calon jemaah haji tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, bila tidak ada penambahan maka calon jemaah haji yang akan diberangkatkan sama seperti tahun sebelumnya.

Pada 2015 jemaah calon haji yang diberangkatkan tercatat 5.040 orang dan tahun ini diperkirakan juga dengan jumlah yang sama.

Sementara pemberangkatan jemaah calon haji Sumsel bersamaan dengan kelompok terbang dari Bangka Belitung.

Sebab Sumsel telah memiliki embarkasi pemberangkatan sendiri sehingga provinsi tetangga tersebut ditetapkan melalui Palembang.

Jemaah calon haji tersebut sebelum berangkat ke Tanah Suci Mekah harus masuk asrama terlebih dahulu untuk pemeriksaan akhir termasuk kesehatan.

Jemaah calon haji Sumsel dan Bangka Belitung nantinya dibagi dalam 14 kelompok terbang (kloter), atau setiap kloter didampingi tenaga kesehatan dan pembimbing.