Legislator minta KPU tetap sosialisasi Pilkada

id pemkot, pemkot palembang

Legislator minta KPU tetap sosialisasi Pilkada

Husni Thamrin (Foto Antarasumsel.com/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumatera Selatan meminta komisi pemilihan umum untuk tetap melakukan sosialisasi pemilihan kepala daerah, meskipun pelaksanaan pilkada tahun ini bakal ditunda.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumatera Selatan Husni Thamrin menyampaikan hal itu sehubungan pelaksanaan pilkada pada tahun ini bakal ditunda, karena belum tuntasnya pembahasan revisi undang-undang oleh DPR RI bersama pemerintah di Palembang, Selasa.

Menurut dia, KPU harus tetap gencar melakukan sosialisasi, meski pelaksanaan pilkada ditunda dan kemungkinan akan dilangsungkan pada pertengahan tahun 2016.

Dengan ditundanya pilkada ini, KPU memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan secara matang mulai dari persiapan tahapan hingga penghitungan suara.

Ia menyatakan, dengan waktu yang panjang KPU dapat melakukan persiapan, sehingga pilkada berjalan secara demokratis, jujur, adil dan rahasia.

Selain itu, KPU segera melakukan sosialisasi terhadap ditundanya pesta demokrasi tersebut kepada masyarakat, serta harus memanfaatkan waktu melakukan kegiatan sosialisasi seperti dengan Kesbangpol dan pihak lain, katanya.

Ia menuturkan, dengan ditundanya pilkada ini, maka pemerintah Sumsel untuk segera mengambil sikap dalam penetapan pelaksana tugas (plt), karena masa tugas lima bupati dan plt bupati Musirawas Utara dan Pali akan berakhir.

"Masa jabatan plt selama satu tahun, namun dalam undang-undang pemerintahan dapat memperpanjang tugas masing-masing plt," ujarnya.