Banjir bandang OKU hanyutkan rumah warga

id Banjir bandang, rumah hanyut, banjir di OKU

Banjir bandang OKU hanyutkan rumah warga

BPBD OKU siapkan proses evakuasi warga terdampak banjir, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Satu unit rumah warga di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, hanyut diterjang banjir bandang yang terjadi pada Kamis (23/5) dini hari.

Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Gunalfi mengatakan bahwa curah hujan tinggi dan berlangsung lama sejak Rabu (22/5) malam menimbulkan banjir bandang akibat luapan Sungai Ogan.

Dalam musibah tersebut ratusan rumah penduduk terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1-2 meter.

Bahkan, satu unit rumah warga di Kecamatan Ulu Ogan dikabarkan hanyut terbawa arus sungai yang deras.



Rumah semi permanen berbahan dari kayu yang terletak di sekitar bantaran Sungai Ogan tersebut diduga tak kuat menahan derasnya banjir bandang hingga hanyut terbawa arus.

"Saat ini kami sedang berupaya menuju lokasi banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten OKU, terutama yang mengarah ke Kecamatan Baturaja Barat, Semidang Aji dan Ulu Ogan," katanya.

Ia mengaku sedikit mengalami kesulitan untuk menuju beberapa titik lokasi bencana alam karena sejumlah ruas jalan terendam banjir dengan ketinggian air di atas permukaan aspal mencapai satu meter.

"Seperti ruas Jalinsum Desa Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat dan Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji saat ini tidak dapat dilewati kendaraan roda dua dan empat karena terendam banjir hingga kedalaman satu meter," jelasnya.

Untuk mencapai lokasi, pihaknya terpaksa menggunakan perahu karet bermesin agar dapat segera mengevakuasi korban guna mengantisipasi korban jiwa.

"Untuk jumlah rumah yang terdampak banjir saat ini masih dalam pendataan," ujarnya.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Satu unit rumah warga OKU hanyut diterjang banjir bandang