Indonesia terhenti di semifinal Piala Asia U-23, namun tiket Olimpiade masih terbuka

id Hasil Indonesia vs Uzbekistan,Piala Asia U-23 2024,Rizky Ridho,Semifinal Piala Asia U-23

Indonesia terhenti di semifinal Piala Asia U-23,  namun tiket Olimpiade masih terbuka

Para pemain Uzbekistan melakukan selebrasi setelah terjadi gol bunuh diri pemain Indonesia saat pertandingan semifinal Piala Asia U23 antara kedua tim di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Senin (29/4/2024). (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

Jakarta (ANTARA) - Langkah Timnas Indonesia U-23 terhenti setelah kalah dari Uzbekistan 0-2(0-0) pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin.

Dua gol kemenangan Uzbekistan tercipta di babak kedua melalui Khuisain Norchaev pada menit ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan pada menit ke-86. Laga ini juga diwarnai kartu merah Rizky Ridho pada menit ke-83 setelah review Video Assistant Review (VAR) yang dipimpin Sivakorn Pu-Udom.

Uzbekistan yang lajunya sempurna di Piala Asia U-23 2024 memulai laga dengan mendikte permainan sejak menit awal. Bola dari kaki ke kaki menjadi ciri khas permainan sang juara edisi 2018 itu dengan diawali tembakan 'selamat datang' yang dilesatkan oleh Abbosbek Fayzullaev pada menit ke-4 yang sayangnya masih melambung.

Empat menit kemudian, pemain Uzbekistan lolos dari kawalan dan masuk kotak penalti Indonesia. Namun, umpan tarik yang dilepaskan untuk mencari gol pertama dipatahkan dengan cermat oleh kapten tim Indonesia Rizky Ridho.

Pada menit ke-12, Alisher Odilov menciptakan peluang gol kembali untuk Uzbekistan. Berawal dari serangan cepat Ulugbek Khoshimov, pemain bernomor punggung 9 itu mengirimkan umpan pada Odilov yang berlari di antara kawalan bek Indonesia.

Sang striker tanpa lama berpikir di kotak penalti setelah menerima umpan. Namun, tendangannya masih menyamping dari gawang Ernando Ari.