Bapenda OKU jemput bola untuk kejar target serapan pajak

id Pajak daerah, jemput bola, target serapan pajak, Bapenda OKU

Bapenda OKU jemput bola untuk kejar target serapan pajak

Kantor Pelayanan Pajak Daerah Bapenda Kabupaten OKU. (ANTARA/Edo Purmana/Arsip)

Baturaja (ANTARA) - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan mengejar target serapan pajak tahun ini sebesar Rp77 miliar melalui upaya jemput bola.

Sekretaris Bapenda OKU Mat Jadun di Baturaja, Senin mengatakan, hingga saat ini realisasi serapan pajak daerah di wilayah itu baru terserap sekitar Rp53,3 miliar atau sebesar 68 persen dari target sasaran.

Serapan pajak tersebut terdiri atas pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, Pajak Penerangan Lampu Jalan (PPJ), air, tanah, parkir, wallet, PBB-P2, BMLB dan pajak BPHTB.

"Minimal target serapan pajak terealisasi sebesar 75 persen hingga akhir tahun nanti," katanya.

Untuk mengejar target tersebut, kata dia, pihaknya melakukan upaya jemput bola dengan menerjunkan petugas ke lapangan guna mendatangi wajib pajak di Kabupaten OKU yang menunggak membayar pajak daerah.

Hal itu dilakukan untuk mengingatkan masyarakat untuk segera memenuhi kewajibannya dengan membayar pajak sebelum jatuh tempo atau tutup tahun.

Selain itu, Bapenda OKU pun memperluas tempat pembayaran pajak dengan menggandeng pihak ketiga agar masyarakat lebih mudah dan praktis dalam melakukan transaksi pembayaran pajak.

"Selain menyiapkan loket di Kantor Bapenda OKU, pembayaran pajak juga bisa melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri(ATM), Alfamart, Indomart dan virtual account," jelasnya.

Dengan perluasan pembayaran pajak ini diharapkan dapat mempermudah dalam transaksi pembayaran pajak dan tidak ada alasan lagi bagi masyarakat yang tidak mau membayar pajak daerah.