Presiden Jokowi serukan gerakan tanam pohon bertepatan musim hujan

id Presiden Jokowi, penanaman pohon,Kawasan idustrial Pulogadung, musim kemarau, perubahan iklim, pemanasan global,berita sumsel, berita palembang

Presiden Jokowi serukan gerakan tanam pohon bertepatan musim hujan

Presiden RI Joko Widodo saat memimpin pelaksanaan Gerakan Menanam Pohon di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023). Jokowi menyerukan seluruh pemangku kepentingan di wilayah provinsi untuk memanfaatkan momentum musim hujan dengan menanam pohon. (ANTARA/Andi Firdaus).

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerukan gerakan penanaman pohon serentak di seluruh provinsi di Indonesia dengan memanfaatkan momentum musim hujan yang bergulir mulai Desember 2023.

"Ini adalah dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim, antisipasi pemanasan global yang sudah kita rasakan bersama dan nyata, juga dalam rangka mengatasi polusi yang ada di Jabodetabek," kata Presiden Jokowi usai menanam pohon jenis pulai di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu.

Ia mengatakan penanaman pohon di lokasi itu sekaligus menandai gerakan penanaman pohon serentak di seluruh provinsi di Indonesia dengan melibatkan peran pemangku kepentingan terkait.

Dikatakan Jokowi, pencanangan gerakan menanam pohon di Indonesia disesuaikan dengan datangnya musim hujan yang membantu proses pertumbuhan tanaman melalui serapan air.

"Gerakan ini karena memang pas musim hujan, kalau kemarin nggak kita lakukan, karena masih musim kemarau. Ini musim hujan pas Desember, akan kita lakukan di seluruh provinsi, tidak hanya di Jabodetabek," katanya.