Berkekuatan 176 orang, Kontingen Porwil Sumsel berangkat ke Riau

id porwil sumsel,pekan olahraga,porwil riau

Berkekuatan 176 orang, Kontingen Porwil Sumsel berangkat ke Riau

Atlet cabang atletik Sumatera Selatan, Panji saat bertanding pada ajang Porprov Sumsel 2023 di Kabupaten Lahat. (ANTARA/ Syarif Abdullah)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Sebanyak 176 atlet, pelatih, dan ofisial tim Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2023 Provinsi Sumatera Selatan berangkat menuju Pekanbaru, Riau, Jumat. 

"Tim Porwil Sumsel berangkat hari ini dalam dua gelombang. Total 176 orang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sumsel Meirizal Usra di Palembang, Jumat.

Pada kejuaraan multicabang olahraga se-Sumatera yang digelar 4-16 November itu, atlet Provinsi Sumsel akan turun di sembilan cabang olahraga yakni atletik, renang, wushu, e-sport, sepak bola, sepak takraw, catur, bola tangan, dan bola voli.

Satu-satunya cabang yang tidak diikuti Sumsel adalah cabang barongsai.

"Kita tidak ikut cabang barongsai," katanya.

Sebelum berangkat ke Riau, para atlet Sumsel ditempa dalam pemusatan latihan sejak 22 Oktober yang dipusatkan di Wisma Atlet Jakabaring. Bahkan cabang sepak bola telah memulai pemusatan latihannya pada 13 Oktober.

Ia berharap para atlet bisa tampil maksimal dan memperbaiki pencapaian yang diraih pada Porwil sebelumnya di Provinsi Bengkulu. Terlebih, Porwil merupakan salah satu babak kualifikasi PON 2024.

Terkait peluang, Kabid Binpres KONI Sumsel berharap para atlet bisa tampil maksimal di semua cabang olahraga yang diikuti dan secara khusus ada peningkatan performa pada cabang atletik dan renang.

"Pada Porwil kali ini ada wushu dan bola tangan, sedangkan pencak silat dan squash yang di Porwil Bengkulu dipertandingkan, kini keduanya tidak ada. Saya berharap hasil pemusatan latihan tempo hari bisa meningkatkan performa atlet," katanya.

Terkait target medali di Porwil Riau, ia tidak menyebutkan, namun para atlet akan tampil dengan kemampuan terbaiknya.

"Yang jelas ini menentukan untuk tampil di PON 2024, motivasi atlet tentu cukup tinggi," katanya menambahkan.