Polda Sumsel turunkan 300 personel ke desa rentan karhutla

id Polda Sumsel, karhutla, turunkan personel, pencegahan, pasukan, operasi stop karhutla, desa rentan karhutla,Polda Sumse

Polda Sumsel turunkan 300 personel ke desa  rentan karhutla

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan menurunkan 300 personel ke desa-desa yang dipetakan rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau 2023 ini yang dipengaruhi El Nino sebagai tindakan pencegahan.

"Hari ini dilakukan pelepasan 300 personel yang bertugas melakukan Operasi Stop Karhutla ke desa atau wilayah rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, personel yang diturunkan tersebut diperintahkan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya dampak karhutla dan cara mencegahnya.

"Saya minta personel yang terlibat dalam Operasi Stop Karhutla untuk mengutamakan pencegahan persuasif yang humanis, hingga langkah preventif ke wilayah masyarakat yang tinggal di pedalaman," ujarnya.

Dengan sosialisasi tersebut diharapkan meningkatkan partisipasi masyarakat di wilayah rentan karhutla melakukan berbagai tindakan yang dapat mencegah terjadinya kebakaran dan siaga melakukan penanggulangan atau pemadaman secara cepat jika terjadi karhutla di sekitar desanya.