Penjual hewan kurban diminta jaga kebersihan dan tak timbulkan limbah

id sumsel,palembang,hewan kurban,pemkot palembang

Penjual hewan kurban diminta jaga kebersihan dan tak timbulkan limbah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Sumatra Selatan, Ratu Dewa saat diwawancarai di Palembang, Senin (5/6/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Sumatra Selatan, Ratu Dewa mengimbau penjual hewan kurban untuk menjaga kebersihan.

"Saya telah meminta membuat surat edaran kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Palembang untuk para pedagang hewan kurban memperhatikan kebersihan tempatnya agar tidak menimbulkan limbah kepada masyarakat," kata Ratu Dewa saat diwawancarai di Palembang, Senin.

Kemudian, ia juga meminta DLHK Kota Palembang agar melakukan pemantauan ke tempat-tempat penjualan hewan kurban dengan tujuannya agar kotoran-kotoran hewan kurban tersebut tidak mengotori tempat.

"Menjelang Idul Adha, DLHK Palembang juga akan melakukan pemantauan ke tempat penjualan hewan kurban da tujuannya agar kotoran-kotoran hewan kurban tersebut tidak mengotori tempat," ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan Pemkot Palembang juga memantau penjualan hewan kurban agar terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang Idul Adha 1444 Hijriah.

"Saya juga meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) agar memantau hewan kurban yang masuk ke Kota Palembang agar dapat mengetahui keberadaannya, jangan sampai membawa hewan ternak yang sakit," kata Dewa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palembang Sayuti mengimbau penjual hewan kurban agar tidak memasukkan hewan ternak dari daerah yang masih ada temuan kasus PMK dan juga masyarakat agar membeli hewan kurban dari distributor yang ada di kota ini untuk mencegah ada penularan penyakit PMK dari luar kota.

"Pemotongan sapi pada saat Idul Adha cukup banyak, yakni 4.000 hingga 5.000 ekor dari pengalaman tahun sebelumnya, artinya ini cukup banyak kalau cari di Palembang, Insya Allah tersedia. Selain itu untuk mencegah penularan penyakit PMK dari luar kota," kata dia.*