Polres OKU kerahkan 206 personel pengamanan gereja

id Pengamanan Natal, tahun baru, pengamanan gereja, malam Misa,Polres OKU

Polres OKU kerahkan 206 personel pengamanan gereja

Kapolres OKU AKPB Danu Agus Purnomo memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Musi 2022, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mengerahkan sebanyak 206 orang personel dan disebar di gereja-gereja untuk mengamankan perayaan Natal tahun 2022 agar berlangsung aman dan kondusif.

"Pengamanan dilakukan menjelang hingga malam Misa Natal nanti," kata Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo di Baturaja, Jumat.

Kapolres mengatakan ratusan personel gabungan dari Kodim 0403, Subdenpom serta jajaran Pemkab OKU itu disebar di 26 gereja yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU.

Penjagaan tersebut dilakukan guna menjaga suasana kondusif pada saat umat Kristiani menjalani ibadah Misa Natal dari tindak kejahatan seperti aksi terorisme dan kejahatan lainnya.

"Khususnya pengamanan difokuskan di gereja dalam Kota Baturaja seperti Gereja Air Gading dan HKBP Bakung mengingat rumah ibadah ini setiap tahun ramai dikunjungi umat untuk beribadah," katanya.

Tim gabungan dalam Operasi Lilin Musi 2022 itu disiagakan di setiap sudut gereja terutama di gerbang masuk untuk menjaga keamanan agar pelaksanaan Misa berlangsung aman dan kondusif.

Untuk sterilisasi gereja menjelang Misa dan perayaan Natal, lanjut dia, akan tetap dilakukan personel kepolisian setempat mulai dari pemeriksaan tempat jamaat yang akan melaksanakan ibadah.

"Yang pastinya protokol kesehatan harus diterapkan selama masyarakat menjalankan ibadah," tegasnya.

Selain gereja, kata dia, dalam Operasi Lilin Musi 2022 yang digelar sejak Jumat (23/12) hingga 2 Januari 2023 tersebut juga dilakukan pengaturan arus lalulintas di jalur mudik Jalan Lintas Sumatera wilayah Kabupaten OKU untuk memastikan tidak terjadi kemacetan kendaraan pemudik yang melaksanakan liburan Tahun Baru 2023.

"Untuk pengamanan arus mudik tahun baru kami mendirikan tujuh pos dengan ratusan petugas gabungan yang siaga hingga pergantian tahun nanti," ujarnya.