Wagub Sumsel minta optimalkan peran pemkab turunkan kemiskinan

id Wagub Sumsel, optimalkan peran pemkab, peran pemda, turunkan angka kemiskinan, tekan angka kemiskinan, miskin, sejahtera

Wagub Sumsel minta optimalkan peran pemkab turunkan kemiskinan

Wagub Sumsel Mawardi Yahya. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Mawardi Yahya meminta peran pemerintah kabupaten dan kota di provinsi setempat dioptimalkan dalam menurunkan angka kemiskinan.

"Angka kemiskinan pada 2022 ini bisa diturunkan sekitar 0,94 persen menjadi 11,90 persen dari tahun sebelumnya sekitar 12,84 persen, kondisi ini diharapkan bisa lebih baik lagi pada tahun 2023 dengan mengoptimalkan peran pemkab dan pemkot," kata Mawardi Yahya di Palembang, Kamis.

Menurut dia, untuk terus menekan angka kemiskinan, program kerja pada 2023 harus benar-benar masuk ke teknis sehingga nantinya menghasilkan realisasi yang jelas dan tidak bersifat seremonial saja.

"Selain meminta pemkab dan pemkot mengoptimalkan perannya, kami juga telah memberikan arahan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam penanggulangan kemiskinan yang bisa mendukung upaya penurunan angka kemiskinan," ujarnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa masalah yang harus ditindaklanjuti dengan cepat oleh OPD seperti Program Kementerian yang ada di daerah harus dimanfaatkan dengan maksimal dan mempunyai nilai ekonomi di tengah masyarakat.

Program yang mengarah pada penanggulangan kemiskinan harus dimaksimalkan sehingga kesejahteraan rakyat meningkat.

Dengan menyusun program kerja yang yang memuat nilai ekonomis bagi masyarakat, diharapkan memberikan dampak positif dalam menurunkan angka kemiskinan yang ada di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

“Kami terus memfokuskan pelaksanaan program mempercepat tercapainya kesejahteraan rakyat, sehingga nantinya diharapkan berdampak langsung pada turunnya angka kemiskinan di provinsi ini," kata Wagub Mawardi.