Satu rumah warga Natuna hanyut diterjang banjir

id banjir,rumah hanyut,Kelurahan Ranai Darat, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Satu rumah warga Natuna hanyut diterjang banjir

Sebuah rumah sesaat setelah diterjang banjir di Kelurahan Ranai Darat, Bunguran Timur, Natuna, Kepri, Rabu (14/12). (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Satu rumah warga di Kelurahan Ranai Darat, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau hanyut akibat diterjang banjir.

"Beruntung penghuni rumah tidak ada di tempat, tak lama setelah sungai meluap rumahnya langsung hilang," kata Juwita warga setempat, Rabu (14/12).

Ia mengatakan bahwa rumah yang berada di bantaran sungai tersebut telah lama kosong, dan hanya dijadikan gudang penyimpanan kopra dan karet.

"Setahu saya rumah tersebut kontrakan dan pemiliknya tidak di sini. Saat ini dijadikan gudang, dibangun sekitar 3 tahun lalu," ujarnya.

Sebelum hanyut diterjang banjir, rumah tersebut berdiri tepat di pinggir sungai dan sebagian bangunan berada di atas sungai dengan menggunakan tiang kayu.

"Air tiba-tiba naik, sungai meluap hanya hitungan menit, hilang, setelah saya lihat sudah hanyut melintang sungai tak jauh dari situ," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna Raja Darmika mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih terus mendata jumlah korban dan jumlah kerugian akibat banjir di daerah itu.

"Kami masih fokus pada evakuasi korban dan bantuan bagi para pengungsi. Untuk yang lain, belum," ujarnya.

Raja Darmika menyebutkan jumlah korban banjir yang terdata hingga Rabu pukul 22.40 WIB berjumlah 1.115 orang. Mayoritas warga berasal dari Kecamatan Bunguran Timur.

"Rata-rata rumah mereka terendam, dan tidak semua mengungsi, ada sebagian masih bertahan di rumah," katanya.

Hingga tengah malam, informasi berdasarkan pemantauan di Posko BPBD sebagian wilayah debit air makin menurun.

Ia mengimbau warga tetap waspada mengingat hujan terus terjadi meskipun dengan intensitas sedang.