Polda Sumsel menurunkan satgas pangan pastikan stok sembako aman

id Satgas pangan, polda sumsel, polda turunkan satgas, cek stok sembako, cegah gejolak harga sembako, inflasi, jaga stok se

Polda Sumsel menurunkan satgas pangan pastikan stok sembako aman

Pengecekan stok sembako di pasar. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menurunkan satuan tugas (satgas) pangan untuk memastikan stok kebutuhan pokok masyarakat aman atau tersedia cukup sesuai dengan permintaan pasar.

"Stok kebutuhan pokok masyarakat perlu dipastikan aman agar tidak terjadi gejolak di tengah masyarakat menghadapi Natal dan Tahun Baru 2023 karena terjadi kelangkaan dan lonjakan harga sembako," kata Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel Kombes Pol. M. Barly Ramadhany di Palembang, Kamis.

Melalui satgas pangan, pihaknya melaksanakan tugas menjaga kestabilan harga sembako dalam pengendalian inflasi.

Kombes Pol. M. Barly Ramadhany mengatakan bahwa satgas pangan melaksanakan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait dalam mengantisipasi kelangkaan dan gejolak kenaikan harga sembako.

Berdasarkan hasil pengecekan satgas pangan di lapangan, kata Barly, secara umum stok kebutuhan pokok masyarakat aman.

Meskipun sekarang kondisi stok sembako aman, menurut dia, tetap diantisipasi kemungkinan terjadi kelangkaan dengan melakukan koordinasi antardaerah melakukan pendataan produsen bahan pangan dan sumber pasokan sembako secara riil.

Selain itu, melakukan pemetaan terhadap hambatan dan transportasi yang efektif dalam mendukung kelancaran distribusi bahan pangan menghadapi hari besar keagamaan dan musim liburan di akhir tahun ini.

Khusus untuk ketersediaan bahan pangan di Sumsel, Barly menegaskan bahwa berdasarkan data masih tercukupi.

Dengan berbagai tindakan antisipasi itu, lanjut dia, kelangkaan bahan pokok selama Natal dan tahun baru bisa dicegah sehingga masyarakat dapat merayakan hari besar keagamaan dan pergantian tahun 2022 ke 2023 dengan aman, nyaman, dan penuh sukacita.