Hujan diprakirakan guyur sebagian kota besar Indonesia

id bmkg, hujan, prakiraan cuaca

Hujan diprakirakan guyur sebagian kota besar Indonesia

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengamati pergerakan sikon tropis Paddy yang berada di Samudera Hindia melalui citra satelit Himawari di BMKG Karangploso, Malang, Jawa Timur, Rabu (24/11/2021). Meski siklon tropis Paddy sudah bergerak menjauhi wilayah Indonesia, BMKG tetap meminta masyarakat mewaspadai dampak tidak langsung dari badai tersebut yakni potensi hujan lebat disertai angin kencang berkisar 35 knot atau 65 kilometer per jam serta gelombang tinggi yakni 1,5 meter hingga 4 meter di perairan sebelah selatan Pulau Jawa dan Lampung. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan mengguyur sebagian kota besar di Indonesia melalui infoBMKG diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Dijelaskan bahwa hal tersebut dipengaruhi Siklon Tropis Mulan yang terpantau di Teluk Beiubu dengan kecepatan angin maksimum mencapai 30 not dan tekanan udara minimum 990 hPa.

Sistem bergerak ke arah barat barat laut dan diperkirakan intensitasnya akan menurun dalam 24 jam ke depan, dan menginduksi peningkatan Kecepatan angin lebih dari 25 knot atau low-level jet di Laut Cina Selatan.

Sementara daerah perlambatan angin atau konvergensi terpantau memanjang di Samudra Hindia Barat Bengkulu, Lampung, dari Kalimantan timur hingga Kalimantan Utara dan di Papua.