Bendungan Tiga Dihaji OKU Selatan ditargetkan tahun ini selesai 29 persen

id BBWSS VIII target Bendungan Tiga Dihaji OKUS capai 29 persen tahun ini,bendungan dihaji oku selatan,bendungan,bendungan tiga dihaji

Bendungan Tiga Dihaji OKU Selatan ditargetkan tahun ini selesai 29 persen

Tangkapan layar video animasi Bendungan Tiga Dihaji Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Sumatera Selatan (ANTARA/HO.Architecture Landscape)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) Wilayah VIII menargetkan pembangunan Bendungan Tiga Dihaji di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) mencapai 29 persen tahun ini.

“Realisasi proyek pembangunan Bendungan Tiga Dihaji di OKU Selatan per Oktober ini masih 26,4 persen. Tapi akhir tahun ditargetkan selesai 29 persen,” Kata Kepala BBWSS VIII Palembang  Maryadi di Palembang, Rabu.

Sebab menurutnya, masih banyak yang harus diselesaikan dalam pembangunan proyek strategis nasional (PSN) tersebut. Lalu semuanya harus dilakukan secara bertahap, bagian per bagian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Di antaranya saat ini pihaknya masih mengerjakan terowongan penghubung, galian spillway dan jembatan penghubung sandaran kiri dan kanan, menyiapkan jalan akses baru dan melakukan review desain bendungan.

Untuk jalan akses baru itu disiapkan sepanjang 9,8 Kilometer (Km) yang saat ini sedang tahap penyelesaian administrasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan warga setempat.

Sebab jalan akses itu melintasi kawasan hutan lindung dan lahan warga.

“Sebagian besar lahan proyek juga masih ada yang belum dibebaskan. Targetnya seluruh lahan sudah bebas pada Mei 2022,” ujarnya.

Lalu review desain bendungan itu dilakukan untuk memastikan konstruksi bangunan dengan dasar tanah. Sebab saat  melakukan kegiatan penggalian diketahui dasar tanah bendungan merupakan tanah yang lunak.

“Bagian-bagian inilah yang harus kami selesaikan, secara keseluruhan sesuai dengan jadwal yang ada,” tandasnya.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021