Sumsel pecahkan MURI peserta apel siaga Pemilu

id apel siaga pemilu,berita sumsel,beriita palembanga,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini,pemilu,muri,rekor muri

Sumsel pecahkan MURI peserta apel siaga Pemilu

Senior Manajer Museum Rekor Indonesia (MURI) Yusuf Ngadri (empat kanan) menyerahkan piagam penghargaan MURI kepada jajran Bawaslu Sumsel pada Apel Siaga Pengawas Pemilu 2019 di Dinning Hall Wisma Atlet Jakabaring Palembang,Sumsel,Senin (21/1/2019). ANTARA FOTO/Feny Selly/Ang/19

Palembang, 21/1 (ANTARA News) - Sumatera Selatan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia untuk peserta apel siaga pemilu terbanyak di Tanah Air.

Peserta apel siaga pengawas Pemilu di Palembang, Senin, masuk Museum Rekor - Dunia Indonesia (Muri) karena diikuti 4.550 orang peserta dan dihadiri Menko Polhukam Wiranto dan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Menteri Polhukam Wiranto mengatakan, bangga pada Sumsel yang melaksanakan apel siaga Pengawas Pemilu 2019 dengan mengikutsertakan ribuan peserta dari kalangan panitia pengawas Pemilu.

"Ini membuktikan Sumsel telah siap untuk mensukseskan jalannya Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 dengan aman dan damai untuk mencari pemimpin yang berkualitas," ujar menteri.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang dapat menyelenggarakan apel Pemilu ini dengan menghadirkan ribuan anggota pengawas.

Bahkan dirinya mendapat laporan bahwa apel siaga pengawas Pemilu itu mendapat rekor Muri, ujar dia.

Pemilu merupakan sarana demokrasi dalam memilih pemimpin yang berkualitas dan memiliki kompetensi.

Sebab pemimpin adalah mewakili hak-hak politik rakyat, serta bekerja untuk warga dan bertanggung jawab pada masyarakat.

Oleh karena itu dalam memilih pemimpin dibutuhkan pengawasan agar Pemilu itu dapat berjalan sukses, bermartabat, dan berkualitas.

Memang para anggota pengawas Pemilu secara tidak langsung telah menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena jalannya pesta demokrasi itu harus terlaksana dengan baik, aman dan suses.

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru yakin jalannya Pemilu Legislatif dan Pilpres di Sumsel pada 2019 ini akan berlangsung dengan sukses setelah melihat kesiapsiagaan anggota Panwas Pemilu pada saat apel.

Terlebih jumlah pesertanya tercatat dalam Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan peserta apel terbanyak, kata gubernur.

Pemilu di Sumsel bakal berlangsung dengan aman, jujur, adil dan bermartabat dengan adanya kesiapsiagaan penyelenggaraannya.

Apalagi persiapan yang dilaksanakan sekarang utamanya hari ini Bawaslu Sumsel melaksanakan apel siap siaga pengawasan Pemilu yang jumlah pesertanya memecahkan Rekor Muri, tambah dia.