Waspada, Sumsel bagian barat rawan bencana

id bpbd,bencana,banjir,longsor,sumsel

Waspada, Sumsel bagian barat rawan bencana

Ilustrasi - Jalan cor beton Batukuning Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu nyaris putus akibat tanah longsor (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Sumsel,  mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di daerah dataran tinggi atau tepatnya di wilayah Sumsel Bagian Barat agar selalu waspada pada saat musim hujan lantaran rawan bencana. 

"Saat musim hujan seperti ini seluruh daerah diwaspadai terkena bencana. Sumsel bagian barat rawan sekali terkena bencana banjir bandang dan longsor, karena memang wilayah tersebut termasuk kedalam dataran tinggi," ujar Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Provinsi Sumsel, Ansori, Senin. 

Begitupun menurutnya daerah seperti Empat Lawang,  Oku Selatan,  Lahat dan Muara Enim berpotensi tinggi akan terkena dampak tanah longsor dan banjir bandang.

Meskipun rawan terjadi bencana,  namun Ansori menegaskan pihaknya belum menetapkan status siaga bencana. Mengingat,  kondisi musim hujan masih akan berlangsung hingga bulan Maret mendatang. 

"Seperti OKU Selatan sudah ada gerakan tanah, antisipasinya kita sudah siapkan alat berat.  Jadi ketika terjadi longsor kita bisa langsung evakuasi jalan," tegasnya. 

Tak hanya daerah dataran tinggi,  Ansori juga mewaspadai daerah dataran rendah karena bisa terjadi bencana banjir dan angin puting beliung. 

"Pada saat masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan potensi angin puting beliung akan lebih tinggi. Tak hanya daerah terbuka,  daerah padat seperti Palembang pun kemungkinan juga akan terkena dampaknya seperti beberapa waktu lalu," katanya.