Pisang aneh tumbuh di pekarangan rumah warga

id Pohon pisang,Pisang,Unik,Muratara

Pohon pisang milik Dedi Damhudi yang berbuah dua tandan di pekarangan rumahnya di Kelurahan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Sabtu (15/9/2018). (ANTARA News Sumsel/Rahmat Aizullah/Erwin Matondang/18)

Musi Rawas Utara (ANTARA News Sumsel) - Pohon pisang berbuah dua tandan dalam satu batang tumbuh di pekarangan rumah warga di Kelurahan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.

"Jenisnya pisang Ambon, bentuknya sama seperti pohon pisang pada umumnya, tapi ketika dia berbuah memang aneh, buahnya dua tandan," kata pemilik pohon pisang, Dedi Damhudi di Karang Jaya, Sabtu.

Dia mengatakan bibit pisang tersebut ia dapatkan dari kebun warga lainnya dalam keadaan berbuah normal, anehnya sejak awal ditanam di pekarangan rumahnya selalu berbuah dua tandan dalam satu batangnya.

"Saya meminta bibit pisang ini dari warga sini juga, setelah saya tanam, banyak anak pisang di samping batangnya yang bertunas, kalau warga sini menyebutnya saya ini 'bertuah' atau beruntung dalam berkebun," katanya.

Menurut dia, pohon pisang tersebut cukup menguntungkan baginya karena bisa mendapatkan dua kali lipat dari pisang biasa setiap panen, apalagi saat ini ada dua batang pisang yang berbuah dua tandan.

"Sekarang dalam serumpunnya ini ada dua batang yang berbuah, semuanya bertandan dua, kemungkinan batang yang belum berbuah ini bisa jadi bertandan dua juga," ujarnya.

Karena tanaman pisangnya selalu berbuah dua tandan kata Dedi, sehingga banyak warga yang meminta bibit pohon pisangnya, namun saat ditanam di kebun orang lain justru berbuah normal seperti pohon pisang pada umumnya.

"Heran juga kata orang-orang, punya saya buahnya bertandan dua, punya orang lain malah berbuah normal, padahal bibitnya sama, hanya saja ditanam di tempat yang berbeda," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar