Simpan pisang dan tomat di suhu ruang, bukan di lemari es

id Pisang ,BPOM

Simpan pisang dan tomat di suhu ruang, bukan di lemari es

Ilustrasi. Pekerja menata buah pisang di dalam kapal ferry di Pelabuhan Penyeberangan Taipa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/4/2024). Sekitar 20 persen produksi pisang di Kota Palu dan sekitarnya dikirim ke Kalimantan melalui pelabuhan penyeberangan itu yang selain untuk memenuhi kebutuhan lokal, pisang itu juga diolah di Kalimantan untuk diekspor ke Malaysia. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/foc.

Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengimbau masyarakat untuk tidak menyimpan seluruh jenis buah dan sayur di dalam lemari es, karena terdapat beberapa jenis buah yang justru tidak dapat disimpan di dalam lemari pendingin..

"Pisang, kalau disimpan di dalam kulkas nanti akan cepat layu, kemudian tomat, bisa tidak bagus kualitasnya, lebih baik ditaruh di luar dengan suhu ruang," kata Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda BPOM Ima Ananda dalam diskusi bertajuk "Keamanan Pangan untuk Konsumen Cerdas" yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Selain tomat dan pisang, Ima menyebutkan mangga yang termasuk ke dalam buah tropis seperti pisang juga disarankan untuk tidak disimpan di dalam lemari es karena dapat mengurangi kualitasnya.

"Kentang juga, kalau disimpan di kulkas nanti akan lembab, cepat hijau, dan bisa tumbuh tunas. Kalau kentang sudah hijau artinya sudah tidak boleh dikonsumsi," tambahnya.