Kementan optimistis OKU Timur mampu capai target LTT

id kementan,ltt,swasembada pangan,sawah,padi,lahan sawah

Kementan optimistis OKU Timur mampu capai target LTT

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, Momon Rusmono saat melakukan penanaman perdana Indeks Pertanaman (IP) 300 padi di Desa Raman Agung, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Jumat (24/8). (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana/I016/18)

....Irigasi yang ada di sini berfungsi dengan baik meskipun belum dikelola airnya namun sudah mengalir ke sawah petani...
Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Kementerian Pertanian optimistis Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan mampu mencapai target luas tambah tanam padi di wilayah itu sesuai yang ditargetkan pemerintah pada Agustus 2018 yaitu seluas 11 ribu hektare.

"Saya yakin Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur tidak akan mengalami kesulitan untuk mencapai 11 ribu hektare (Ha) target Luas Tambah Tanam (LTT) padi," kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, Momon Rusmono saat menghadiri tanam perdana Indeks Pertanaman (IP) 300 padi di Desa Raman Agung, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Jumat.

Dia menjelaskan, Kabupaten OKU Timur memiliki potensi luas baku lahan sawah padi yaitu seluas 81 ribu Ha serta didukung sumber air yang memadai dengan adanya jaringan irigasi.

"Irigasi yang ada di sini berfungsi dengan baik meskipun belum dikelola airnya namun sudah mengalir ke sawah petani," ujarnya.

Selain itu, kata dia, juga sudah didukung bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari pemerintah seperti traktor roda dua dan empat sehingga petani tidak kesulitan melakukan proses tanam padi.

Dia mengimbau, pihak terkait di wilayah itu segera melapor ke provinsi jika terdapat masalah kekurangan benih karena masih tersedia sekitar 100 ribu ha benih padi bantuan dari pemerintah untuk ditanam.

"Saya sangat berharap banyak kepada petani dan semua pihak terkait di OKUT ini agar dapat mencapai target LTT nasional untuk Sumsel agar menjadi daerah lumbung pangan nasional," harapnya.

Direktur Aneka Kacang dan Umbi Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Ali Jamil menambahkan realisasi LTT Kabupaten OKUT sudah mendekati 16 ribu ha dari target 11 ribu ha.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian setempat tercatat hingga hari ini hampir 16 ribu ha sawah di wilayah setempat sudah ditanami padi dari luasan lahan yang masih tersedia yaitu seluas 50 ribu ha.

Dia menambahkan, Provinsi Sumsel pada tahun ini mendapat alokasi target LTT yaitu 109.531 ha dari target skala nasional seluas 1,2 juta ha.

Sedangkan kata dia, laporan yang diterima pihaknya hingga saat ini baru tercapai 30.632 ha dengan presentase 27,9 persen atau masih kurang sekitar 78 ribu ha dari target.

"Untuk itu kami berharap banyak OKUT menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Sumsel yang membantu negara ini untuk mengejar target Swasembada pangan," ujar dia.