Puluhan posko Karhutla siap beroperasi

id posko karhutla,mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan,kapenrem 044 Garuda Dempo,Mayor Inf Aris Barunawan,antisipasi kebakaran hutan,Letkol Inf Sepri

Puluhan posko Karhutla siap beroperasi

Persiapan perlengkapan pemadam api pada Apel Supervisi dan Asistensi Penanggulangan Karhutla di Posko Karhutla Ogan Ilir, Sumatra Selatan. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Puluhan posko pantau untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan siap beroperasi di wilayah Kodim 0402 Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

"Ada 25 unit posko pantau kebakaran hutan dan lahan telah siap beroperasi," kata Kapenrem 044 Garuda Dempo Mayor Inf Aris Barunawan di Palembang, Senin.

Lebih lanjut dia mengatakan delapan posko pantau lainnya saat ini sedang dalam proses penyelesaian yang diperkirakan dalam waktu dekat ini akan beroperasi.

Posko tersebut tersebar di 20 desa di Ogan Ilir yang juga bagian dari wilayah hukum Kodim Ogan Komering Ilir.

Sementara jumlah satgas tercatat 216 dan posko pantau itu telah dicek Dandim 0402 Ogan Komering Ilir Letkol Inf Seprianizar.

Dandim mengatakan pihaknya terus melakukan pengecekan pendirian Posko dan Pos Pantau siaga kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.

"Pengecekan itu tidak lain untuk melihat kesiapan posko tersebut terutama dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan," ujar dia.

Dia mengatakan selain itu desa yang didirikan posko tersebut merupakan wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan.

"Selain itu daerah tersebut banyak lahan gambut dan bila terbakar sulit untuk dipadamkan," ujar dia.

Dia mengatakan pengecekan meliputi kondisi kesiapan bangunan Posko maupun Pos Pantau serta personel siaga maupun perlengkapan yang sudah tersedia berupa alat komunikasi, pemadam kebakaran dan alat transportasi.

Memang, lanjut Dandim, dari beberapa tempat yang telah dicek masih terdapat Posko maupun Pos Pantau yang belum tersedia perlengkapan sehingga pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk dilengkapi.

"Pembangunan Posko maupun Pos Pantau inipun secara swadaya masyarakat dengan Babinsa sebagai inisiator," tambah dia.
(T.U005/A043)