Dinsos OKU bentuk usaha produktif Legiun Veteran

id dinsos oku bentuk usaha produktif, usaha untuk para legium veteran, kube, kadinsos oku, lvri, dinas sosial oku, veteran, lvri

Syaiful Kamal (ANTARA Sumsel/17/Edo Purmana)

....Rencana membentuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) ini karena dinilai dari segi tenaga para legiun veteran masih kuat....
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan akan membentuk usaha ekonomi produktif yang diperuntukkan bagi para legiun veteran di wilayah itu.

"Rencana membentuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) ini karena dinilai dari segi tenaga para legiun veteran masih kuat. Nantinya dibantu dari pihak Dinsos yang masih muda untuk membantu kegiatan Kube tersebut," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Ogan Komering Ulu (OKU), Syaiful Kamal di Baturaja, Kamis.

Dia menjelaskan, Kube tersebut rencananya dengan membuat usaha ekonomi produktif seperti pembuatan kolam ikan lele untuk dikelola bersama oleh pejuang veteran.

"Selain untuk usaha, pembentukan ekonomi produktif Kube ini juga sebagai ajang silaturahmi," ungkapnya.

Saat ini pemerintah daerah setempat menunggu waktu yang tepat untuk berkoordinasi terkait rencana Kube dengan pihak ketiga baik perusahaan BUMN atau lainnya dalam menyalurkan dana CSR sebagai pembiayaan kegiatan tersebut.

"Sebab, jika mengharapkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten OKU jumlahnya terbatas," jelasnya.

Seperti halnya dana bantuan untuk individu pejuang veteran di wilayah itu, kata Syaiful, hingga saat ini pemerintah daerah setempat belum dapat merealisasikannya karena keterbatasan anggaran.

Namun, organisasi veteran yang ada di wilayah itu mendapat bantuan dana dari pemerintah daerah setempat sebesar Rp23 juta pertahun.

Dana tersebut, lanjut dia, diberikan pemerintah untuk kebutuhan organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) seperti membeli pakaian, perjalanan keluar kota dan lainnya.

"Karena masalah anggaran, jadi kami bantu organisasinya dulu. Kedepannya diupayakan ada peningkatan kepada legiun veterannya," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar