KBRI kerahkan suporter dukung Timnas saat lawan Singapura

id timnas indonesia, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, KBRI, Alfred Riedl, mendukung Timnas Garuda, laga Grup A, Piala AFF Suzuki

KBRI kerahkan suporter dukung Timnas saat lawan Singapura

Pesepak bola Timnas Indonesia (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Ang/foc/)

Manila (Antarasumsel.com) - KBRI Indonesia di Manila, Filipina akan mengerahkan suporter guna mendukung Timnas Garuda melakoni pertandingan melawan Singapura pada ajang Piala AFF Suzuki 2016 di Ridzal Memorial Stadium, Jumat malam.

"Dari KBRI sekitar 100 orang karena mainnya di Manila dan masyarakat Indonesia di Filipina pasti hadir," kata Koordinator Fungsi Sosial dan Budaya KBRI Indonesia di Manila, Trini Gunarti, Jumat.

Selain itu, lanjut dia, karena nanti malam akhir pekan maka kemungkinan warga Indonesia yang berada di Manila untuk bekerja atau sekolah diprediksikan banyak yang datang.

"Hadir mendukung timnas menjadi kebanggaan," kata dia yang sudah bertugas di beberapa negara itu.

Duta Besar Indonesia untuk Filipina Johny Lumintang ketika menjamu jurnalis peliput kejuaraan negara Asia Tenggara itu mengatakan kemungkinan hadir jika tidak ada tugas yang sangat mendesak.

"Nanti liat situasi, kalau luang saya akan sempatkan hadir mendukung timnas," kata dia.

Selain dari KBRI dan warga Indonesia di Filipina, dukungan bagi timnas Indonesia juga berasal dari mereka yang secara khusus datang dari Tanah Air dengan biaya sendiri.

Pada laga terakhir nanti malam pukul 20.00 waktu setempat timnas Indonesia akan bertemu timnas Singapura. Kedua tim sama-sama harus memenangi laga guna menuju semifinal mendampingi Thailand yang sudah lolos namun akan tetap meladeni tuan rumah Filipina pada waktu yang sama.

Jika timnas Indonesia mampu mengalahkan Singapura dan Thailand minimal menahan imbang Filipina, maka timnas garuda yang lolos ke putaran semifinal. Sebab, nilai yang terkumpul menjadi empat, sedangkan Filipina jika seri hanya mempunyai nilai tiga.

Ancaman terbesar adalah manakala Indonesia bermain imbang apalagi kalah dari Singapura, dan Thailand pun imbang dengan Filipina, maka Singapura diprediksikan lolos ke semifinal karena mereka memiliki sedikit selisih gol.