Suarez cetak trigol bawa Barcelona kalahkan Eibar 3-1

id barcelona, Luis Suarez, liga spanyol, la liga

Suarez cetak trigol bawa Barcelona kalahkan Eibar 3-1

Penyerang Barcelona asal Uruguay Luis Suarez (Ist)

Madrid, (ANTARA/Reuters) - Barcelona memerlukan Luis Suarez untuk berada dalam penampilan terbaiknya dengan menorehkan trigol saat mereka bangkit dari ketertinggalan untuk menang 3-1 atas tamunya Eibar pada Minggu, yang membuat sang juara bertahan memiliki koleksi angka yang sama yakni 21 angka dengan rival abadinya Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol.  
Atletico Madrid, satu-satunya tim selain dua raksasa Spanyol yang menjuarai liga dalam rentang lebih dari satu dekade, tetap membuntuti ketika Yannick Carrasco mengemas gol-gol untuk membuat timnya menang 2-1 atas tamunya Valencia.

Real, yang akan menjamu Barca pada "Clasico" pertama musim ini di Liga Spanyol pada 21 November, unggul selisih gol dengan sembilan pertandingan yang telah dimainkan setelah mereka mengamankan kemenangan 3-1 di markas Celta vigo pada Sabtu.

Atletico, juara 2014, berada di peringkat ketiga dengan 19 angka, unggul satu angka atas tim peringkat keempat Celta, yang unggul satu angka atas penghuni peringkat kelima Villarreal setelah mereka bermain imbang tanpa gol di markas tim promosi Las Palmas pada Minggu.

Pertahanan Barca cukup rapuh pada musim ini dan permainan buruk di lini belakang membuat Borja Gonzalez dapat membawa Eibar unggul pada menit kesepuluh di Nou Camp.

Pergerakan operan bagus berujung pada tandukan sederhana dari Suarez untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-21, dan Neymar merangsek ke kotak penalti dan memberi umpan kepada pemain Uruguay itu untuk mengubah skor menjadi 2-1 dengan sepakan mendatar ke sudut gawang saat babak kedua baru bergulir tiga menit.

Tidak banyak peluang tercipta di babak kedua sampai Neymar mengirim operan lambung untuk Suarez pada menit ke-85, dan ia menguasai bola dengan dadanya dan mengarahkan tembakan melewati kiper Asier Riesgo di gawang Eibar untuk memastikan trigol keduanya di Liga Spanyol.

Gol ketiga Suarez, gol ketujuhnya di Liga Spanyol musim ini, terjadi tidak lama setelah pemain Barca Javier Mascherano mendapat kartu merah karena melakukan pelecehan verbal terhadap salah satu asisten wasit.

"Kami memulainya dengan tertinggal terlebih dahulu, ini adalah pertandingan sulit karena hal itu dan itulah yang perlu mulai kami cermati," kata Suarez kepada televisi Spanyol.  
"Musim lalu kami kemasukan sangat sedikit gol," tambah pemain 28 tahun itu, yang melakukan debutnya untuk Barca tepat satu tahun silam pada Minggu.

"Terdapat fase-fase di mana setiap kali lawan menyerang, mereka mencetak gol, dan kami harus memperbaiki hal itu."
Dua bek tengah Valencia Shkodran Mustafi dan Aderllan Santos gagal menyapu bola, dan Jackson Martinez melepaskan tembakan untuk membawa Atletico memimpin pada menit ke-32 di Calderon.

Gelandang Belgia Carrasco menambahi dengan gol yang akan membuat bangga Cristiano Ronaldo untuk mengubah skor menjadi 2-0 lima menit kemudian, ketika ia berlari di sisi kiri, bergerak memotong ke tengah, dan melepaskan tembakan ke sudut gawang.

Paco Alcacer mencetak satu gol balasan melalui eksekusi penalti 18 menit sebelum pertandingan usai, setelah Diego Godin melanggar Mustafi di kotak terlawang, namun Valencia tidak mampu mencetak gol tambahan saat menghadapi pertahanan kokoh Atletico.    
Tim Basque Eibar, yang terdegradasi pada musim lalu namun berhak tampil di kompetisi strata tertinggi karena Elche didepak dari liga akibat pelanggaran pajak, menghuni peringkat ketujuh dengan 13 angka, selevel dengan tim peringkat keenam Deportivo La Coruna.

Valencia merupakan salah satu dari empat tim yang mengoleksi 12 angka, bersama dengan Sevilla, Real Betis, dan Espanyol.

Real Sociedad menjauhi zona degradasi dan naik ke peringkat ke-14, ketika mereka menang 4-0 di markas Levante, di mana penyerang Meksiko Carlos Vela membukukan dua gol.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)