PHRI Sumsel: tren kunjungan wisatawan asing meningkat

id phri sumsel, herlan aspiudin, wisatawan asing, wisatawan,

PHRI Sumsel: tren kunjungan wisatawan asing meningkat

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (Foto Antarasumsel.com/Dolly Rosana)

....Wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Selatan sepanjang 2015 lebih dari 38 ribu orang atau mengalami peningkatan sekitar 3.000 wisatawan dari tahun sebelumnya....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan menyatakan tren kunjungan wisatawan asing ke provinsi setempat mengalami peningkatan meskipun belum sesuai dengan target yang diharapkan.

"Wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Selatan sepanjang 2015 lebih dari 38 ribu orang atau mengalami peningkatan sekitar 3.000 wisatawan dari tahun sebelumnya," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Selasa.

Melihat terjadinya peningkatan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke provinsi ini, pihaknya terus berupaya membantu pemerintah daerah mempromosikan beragam objek dan daya tarik wisata di 17 kabupaten dan kota itu, katanya. 

Menurut dia, PHRI Sumsel akan menggalakkan kegiatan promosi pariwisata di negara yang paling banyak penduduknya berkunjung ke provinsi ini seperti Malaysia, Singapura, Tiongkok, dan Australia.

Untuk lebih dikenal masyarakat internasional, pihaknya juga akan melakukan promosi potensi pariwisata ke ratusan negara yang ditetapkan pemerintah bebas visa kunjungan ke negara ini, katanya.

Menurut dia, untuk melakukan kegiatan promosi itu, pihaknya berupaya memanfaatkan jaringan atau mitra kerja seperti biro perjalanan wisata, pengusaha hotel dan restoran yang ada di negara-negara yang dibebaskan visa kunjungan ke Indonesia. 

Selain itu pihaknya juga berupaya mengikuti kegiatan pameran potensi pariwisata di luar negeri yang dinilai sebagai pasar potensial. 

Dia menjelaskan, pihaknya sangat mengharapkan tren kunjungan wisatawan asing terus meningkat, karena dapat meningkatkan tingkat hunian kamar dan kunjungan ke restoran milik anggota PHRI. 

Dalam kondisi jumlah kunjungan wisatawan asing atau mancanegara sekarang ini dan didukung adanya wisatawan nusantara yang mencapai 3-4 juta per tahunnya, tingkat hunian hotel dan kunjungan restoran sudah cukup baik yakni di atas 60 persen. 

Melalui berbagai upaya yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing tersebut, diharapkan ke depan prospek bisnis jasa perhotelan dan restoran di daerah yang akan menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018 ini bisa lebih baik lagi, ujar Herlan.