Pemerintah bantu bina pengrajin batu akik

id pemprov sumsel, sumsel, sumatera selatan, disperindag, kadisperindag, permana, batu akik, pengrajin batu akik

Pemerintah bantu bina pengrajin batu akik

Permana (Foto Antarasumsel.com/Dolly Rosana)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Pusat akan membantu dana untuk membina pengrajin batu akik di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, karena daerah itu akan dijadikan sentra produksi sumber daya alam tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Permana di Palembang, Selasa, mengatakan Kementerian Perindustrian akan mengucurkan dana pembinaan itu untuk meningkatan industri kecil batu akik di kabupaten tersebut.

Hal ini karena Ogan Komering Ulu saat ini menjadi pusat penghasil bahan mentah batu akik sehingga pengrajin harus terus dibina keberadaannya, kata dia.

Jadi dengan potensi yang cukup menjanjikan tersebut maka pembinaan terutama pengrajin harus dimaksimalkan, ujar dia.

Menurut dia, semuanya itu tidak lain supaya mutu dan model batu akik di daerah ini semakin berkualitas sehingga nilai jualnya juga semakin tinggi.

"Kualitas batu akik harus terus ditingkatkan supaya minat masyarakat untuk membeli ciri khas daerah tersebut semakin tinggi. Ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat termasuk mengembangkan usaha kecil dan menengah, ujar dia.

Dia mengatakan, pihaknya juga telah membantu pengrajin batu akik di Kabupaten Ogan Komering Ulu tersebut. Bantuan yang diberikan antara lain memberikan pelatihan dan mesin pengelohan batu akik.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan terus menumbuh kembangkan usaha kecil dan menengah termasuk batu akik agar pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin baik, tambah dia.