Kecamatan Peninjauan akan dibangun rumah sakit daerah

id camat peninjauan, kecamatan peninjauan

Kecamatan Peninjauan akan dibangun rumah sakit daerah

Camat Peninjauan (Foto Antarasumsel.com/15/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan segera dibangun Rumah Sakit Umum Daerah yang direncanakan dimulai pengerjaan pada 2016.

Camat Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Ferry Iswan di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D tersebut segera diajaukan oleh pemerintah setempat ke DPRD OKU pada 2016.

Dikatakan Ferry, usulan tersebut pernah disampaikan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan beberapa waktu lalu.

"Pihak kecamatan sudah menyiapkan dua lahan untuk membangun RSUD tipe D yakni di simpang tiga Desa Mendala dan peningkatan status Puskesmas Lubuk Rukam menjadi RSUD," kata Ferry.

Menurut dia, dipilihnya lokasi di simpang tiga Desa Mendala karena letaknya sangat strategis antara dua kecamatan yaitu Peninjauan dan Sinar Peninjauan, namun lokasi tersebut jadi harus dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu.

Sedangkan untuk alternatif lainnya, pihaknya mengusulkan peningkatan status Puskesmas Lubuk Rukan menjadi RSUD karena status layanan saat ini telah menunjang untuk dijadikan setingkat rumah sakit.

Selain itu luas lahan yang digunakan oleh Puskesmas Lubuk Rukam cukup memenuhi syarat, sehingga sangat memungkinkan untuk dilakukan perluasan atau pembangunan.

"Tentunya usulan tersebut sudah kita sampaikan dan saat ini kami masih menunggu yang akan disetujui Pemkab OKU," katanya.

Ferry menambahkan, kalau usulan pembuatan RSUD di Kecamatan Peninjauan ini dalam upaya mendukung program Gubernur Sumsel yang menginginkan agar beberapa kecamatan ada penopang layanan kesehatan untuk masyarakat.