Pj Gubernur Sumsel lepas ratusan peserta mudik gratis di Terminal Alang-Alang Lebar

id sumsel, mudik gratis

Pj Gubernur Sumsel lepas ratusan peserta mudik gratis di Terminal Alang-Alang Lebar

-

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Pj Gubernur Sumsel Dr. Agus Fatoni M.Si melepas ratusan peserta mudik gratis yang disekenggarakan oleh Pemerintah provinsi Sumatera Selatan, titik start di terminal Tipe A Alang-alang Lebar Palembang jalan Baypass Alang-Alang Lebar KM.12 Palembang, Sabtu (06/04/2024).

Program Gerakan Mudik Gratis Serentak Se-Sumsel (GMGSS) tahun 2024 yang diselenggarakan Pemprov Sumsel ini dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rahmad Wibowo, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sumatera Selatan, Denny Michels Adlan, dan Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Ari Narsa, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Total ada 17 bus telah disiapkan untuk mengangkut sebanyak 628 peserta mudik gratis dari dalam dan luar provinsi. Dari 17 bus tersebut terbagi menjadi 10 bus untuk perjalanan dalam Provinsi dan 7 bus untuk perjalanan ke luar Provinsi.

Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Ari Narsa berharap dengan adanya program mudik gratis ini dapat mengurangi kecelakaan, kemacetan sehingga pemudik dapat menikmati mudik dengan aman dan nyaman sesuai dengan slogan dari Kementerian perhubungan “Mudik Ceria Penuh Makna”.

“Ada peningkatan dibanding tahun lalu, yang jelas fasilitas pemudik kendaraan itu lebih nyaman, ada penambahan untuk rute Palembang- Surabaya, kemudian kita double asuransikan, baik dari Asuransi Jasa Raharja maupun jasa raharja putra,” terang Aris.

Guna antisipasi kemacetan pada libur lebaran, Dinas perhubungan menggunakan sistem buka tutup selama arus mudik. Kementerian perhubungan bekerja sama dengan seluruh stakeholder untuk kelancaran harus mudik ini sehingga tidak terjadi kemacetan.

“Kita mengimbau kepada pengendara yang ingin mudik, untuk mengutamakan keselamatan dan juga mematuhi peraturan dan rambu-rambu yang disiapkan oleh pemerintah,” pungkasnya.