Pertamina-Pemkot Palembang sosialisasikan LPG tepat sasaran

id sumsel,palembang,lpg ,pendistribusian lpg,pertamina,pemkot palembang

Pertamina-Pemkot Palembang sosialisasikan LPG tepat sasaran

Pertamina bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Hiswana Miga menyosialisasikan LPG tepat sasaran guna mengoptimalisasi pendistribusian dan pengawasan LPG subsidi ke para camat dan lurah di wilayah itu. (ANTARA/HO-Pertamina)

Palembang (ANTARA) - Pertamina bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Hiswana Miga menyosialisasikan LPG tepat sasaran guna mengoptimalisasi pendistribusian dan pengawasan LPG subsidi ke para camat dan lurah di wilayah itu.

Asisten II Setda Palembang Ahmad Zulinto di Palembang, Rabu, mengatakan berdasarkan amanat Perpres Nomor 104 tahun 2007 tentang pelaksanaan pendistribusian penyediaan subsidi, kegiatan ini membantu menyadarkan masyarakat dimana produk subsidi ini harus diterima oleh masyarakat yang benar-benar berhak.

"Kami berharap melalui sosialisasi ini dapat membantu masyarakat untuk memahami terkait LPG subsidi ini agar nantinya dapat benar-benar diterima oleh masyarakat yang tepat. Dan ini juga tugas kita bersama, semoga berjalan dengan baik," katanya.

Ketua DPC Hiswana Migas Palembang Abdul Yasir mengatakan pihak kecamatan dan kelurahan juga bisa berkoordinasi dengan pihak Hiswana jika ada informasi yang bisa disampaikan terkait distribusi LPG.

"Pihak kecamatan atau kelurahan juga diharapkan untuk mengetahui lokasi-lokasi pangkalan LPG resmi di wilayahnya agar bisa menginformasikan ke masyarakat terkait informasi mengenai pangkalan LPG resmi di wilayahnya," ujarnya.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan untuk memenuhi kebutuhan LPG masyarakat di wilayah Kota Palembang terdapat 47 Agen dan 2021 Pangkalan, maka dalam mewujudkan pendistribusian yang tepat sasaran, Pertamina terus meningkatkan sinergi dengan Pemerintah Daerah agar LPG subsidi dapat diterima oleh masyarakat yg berhak.

"Dengan adanya kegiatan ini nantinya perangkat daerah dapat memberikan informasi dan sosialisasi ke warganya terkait dengan pangkalan resmi dan himbauan untuk mendaftar program subsidi tepat, sehingga kuota subsidi yang telah diberikan ke masyarakat dapat di jaga bersama," katanya.

Pertamina terus mengimbau ke masyarakat untuk dapat segera melakukan pendaftaran dan pencocokan data NIK Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK) ke pangkalan LPG terdekat untuk bisa mengakses LPG bersubsidi di Pangkalan yang terjamin harga dan kualitasnya.

"Diharapkan juga agar masyarakat dapat menggunakan LPG sesuai peruntukannya, dimana LPG 3 Kg merupakan produk subsidi yang ditujukan khusus masyarakat yang kurang mampu. Serta menggunakan LPG Nonsubsidi seperti Brightgas 5,5 Kg dan 12 Kg bagi masyarakat mampu," kata Nikho.