Tiga satker Kemenkumham Sumsel meraih predikat WBK

id Wbk, wilayah bebas dari korupsi, zona integritas, kemenkumham, predikat wbk, kemenkumham sumsel, satker raih wbk

Tiga satker Kemenkumham Sumsel meraih predikat WBK

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya (ANTARA/HO/23)

Palembang (ANTARA) - Tiga satuan kerja (satker) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan meraih predikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) dari Kemenpan RB.

"Satker yang berhasil meraih predikat WBK pada 2023 ini yakni Lapas Perempuan Kelas II A Palembang, Lapas Kelas II A Banyuasin, dan Lapas Kelas II B Sekayu," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan keberhasilan tiga satuan kerja tersebut meraih predikat WBK diumumkan pada kegiatan rapat pengendalian capaian kinerja dan refleksi akhir tahun 2023 serta penyusunan target kinerja 2024 yang digelar Jakarta, Kamis (14/12).

Penghargaan satker berpredikat WBK di lingkungan Kemenkumham pada 2023 ini diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly kepada 67 satuan kerja yang telah melaksanakan pembangunan Zona Integritas serta berkomitmen memberantas korupsi.

Pembangunan zona integritas merujuk Keputusan Menpan-RB Nomor 387 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Proyek Percontohan (Pilot Project) evaluasi Zona Integritas menuju WBK secara mandiri.

Wilayah bebas dari korupsi adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/satuan kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik.

Kemudian diberikan kepada satker yang telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada komponen pengungkit serta mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Semestinya pembangunan Zona Integritas tidak hanya sekadar mengejar predikat saja, tetapi harus ada implementasinya yakni untuk memberikan kinerja terbaik dan pelayanan prima yang dapat dirasakan oleh masyarakat sebagai penerima layanan.

"Saya berharap prestasi yang didapat oleh tiga satker tersebut dapat meningkatkan komitmen jajarannya untuk memberikan pelayanan yang bersih, profesional, akuntabel, dan berprinsip pada nilai-nilai good governance, serta dapat menjadi pemicu untuk meraih predikat wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) ke depannya," ujar Kakanwil Ilham.