BPBD OKU Sumsel kerahkan personel atasi karhutla

id personel BPBD, peralatan penanggulangan karhutla, BPBD OKU, lahan kering,karhutla OKU

BPBD OKU Sumsel kerahkan personel atasi karhutla

Tim gabungan BPBD OKU berjibaku memadamkan api karhutla di Bukit Pelangi, Kecamatan Baturaja Timur, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan mengerahkan puluhan personel untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bukit Pelangi agar api tidak menyebar luas.

Manajer Pusdalops BPBD OKU Gunalfi di Baturaja, Jumat, mengatakan peristiwa karhutla di kawasan Bukit Pelangi, Kecamatan Baturaja Timur tersebut terjadi pada pukul 16.00 WIB.



Kobaran api membakar semak belukar dan pepohonan di lahan seluas dua hektare milik warga hingga nyaris menimbulkan kabut asap. Beruntung, peristiwa tersebut cepat diketahui oleh warga, sehingga dapat segera dilakukan pemadaman dan api tidak menyebar luas ke lahan pertanian di sekitarnya.

Dalam melakukan pemadaman, kata dia, pihaknya mengerahkan sebanyak 20 orang personel BPBD OKU dan dibantu pemangku kepentingan terkait dari TNI dan Polri serta dibantu masyarakat sekitar.

Api karhutla tersebut dapat dipadamkan setelah pihaknya menerjunkan satu unit mobil tangki air serta peralatan penanggulangan karhutla lainnya di lokasi kejadian.

Lokasi kebakaran hutan ini dapat dijangkau kendaraan roda empat, sehingga api dapat dipadamkan oleh petugas setelah sekitar satu jam.

"Dugaan sementara peristiwa karhutla ini disebabkan oleh puntung rokok yang dibuang warga sembarangan di rumput kering yang mudah terbakar," katanya.



Ia mengingatkan agar masyarakat lebih bijak dan berhati-hati dengan tidak membuang puntung rokok di rumput kering yang mudah terbakar saat musim kemarau.

"Edukasi kepada masyarakat terus kami tingkatkan, termasuk tentang larangan membuka lahan pertanian dengan cara dibakar yang dapat memicu karhutla," ujarnya.