Tanjungpinang punya pagoda tertinggi se-Indonesia

id Pagoda Sata-Sahasra Buddha,Buddha Amitabha, Buddha Sakyamuni, Bhaisjyaguru

Tanjungpinang punya pagoda tertinggi se-Indonesia

Pagoda tertinggi di Indonesia, Pagoda Sata-Sahasra Buddha di Tanjungpinang, Kepri, akan diresmikan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Sabtu (8/7). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), kini mempunyai pagoda tertinggi di Indonesia yakni Pagoda Sata-Sahasra Buddha yang rencananya akan diresmikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada 8 Juli 2023.

Pagoda Sata-Sahasra Buddha berada di kompleks Vihara Avalokitesvara di Jalan WR. Supratman, KM 14, Kota Tanjungpinang, yang dikelola Yayasan Maitri Paramitha.

"Menag dijadwalkan meresmika secara langsung dan sejalan dengan rakernas Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Tahun 2023 di gedung Pagoda Sata-Sahasra Buddha," kata Pemilik Yayasan Maitri Paramitha, Hengky Suryawan di Tanjungpinang, Rabu.

Ia mengatakan proses pembangunan Pagoda Sata-Sahasra Buddha memerlukan waktu sekitar tujuh tahun, dimulai pada Juni 2016 dan rampung pada Juni 2023 dengan anggaran sekitar Rp100 miliar.