Penjaga tahanan Lapas Sekayu terpilih jadi Kuyung Muba tahun 2022

id Kemenkumham

Penjaga tahanan Lapas Sekayu terpilih jadi Kuyung Muba tahun 2022

Gustiansyah menerima tropy dari Pj Bupati Muba Apriyadi setelah terpilih menjadi pemenang pada ajang pencarian bakat Kuyung-Kupek Musi Banyuasin Tahun 2022 di Opp Room Pemkab Muba, Kamis (1/12). (ANTARA/HO-Kemenkumham Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Penjaga tahanan di Lembaga Permasyarakatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Gustiansyah terpilih menjadi pemenang pada ajang pencarian bakat Kuyung-Kupek Musi Banyuasin Tahun 2022.

Gustiansyah menjadi Kuyung Muba 2022 setelah pada malam final Kuyung-Kupek Muba Tahun 2022 di Opp Room Pemkab Muba, Kamis (1/12) terpilih sebagai pemenang.

Kepala Lapas Kelas IIB Sekayu Kemekumham Sumsel Ronald Heru Praptama, Senin, mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 200 peserta, terdiri dari peserta kuyung 80 orang, dan kupek 120 orang, pesertanya merupakan putra-putri Kabupaten Musi Banyuasin dari berbagai latar belakang.

Gustiansyah berhasil meraih prestasi tersebut setelah melalui tahapan seleksi dan penjurian yang ketat. Adapun finalis terpilih sebagai Kupek Muba Tahun 2022 yaitu Rukmana Sundari utusan dari Perbasi Muba.

Sebelumnya, Gustiansyah dan Rukmana beserta puluhan finalis lainnya, telah menjalani karantina untuk mendapatkan materi dan pembekalan guna memberikan penampilan terbaik di malam grand final.

Gustiansyah, lahir 25 Agustus 2001 dari pasangan Nizar dan Mimiyani, ia menamatkan sekolah di SMA Negeri 4 Unggul Lahat, sebelum jadi penjaga tahanan Lapas Sekayu, Gustiansyah sempat kuliah hingga tiga semester di jurusan keperawatan Universitas Sriwijaya.

Saat ditanya apa yang membuatnya berhasil menjadi Kuyung Muba 2022, Gustianysah mengatakan bahwa ia aktif dalam mengikuti kegiatan karantina, ia juga fokus dan tenang saat grandfinal dan memberikan opini yang menarik, tegas dan juga jelas.

Selain itu, sebagai nilai tambah kuyung Musi Banyuasin 2022 ini, Gustiansyah memiliki keterampilan desain grafis, videografis, dan juga bermain alat musik gitar.

Ditambahkannya, dirinya siap untuk mengemban tugas sebagai Duta Budaya dan Duta Wisata Kabupaten Muba. Hal itu sudah menjadi komitmen dirinya, untuk membantu mempromosikan budaya dan meningkatkan pariwisata yang ada di Kabupaten Muba.

“Saya siap menjalankan tugas sebagai mitra Pemkab Muba untuk mempromosikan serta mengembangkan potensi-potensi budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Muba,” ujar Gustiansyah.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto mengapresiasi atas prestasi yang diraih Gustiansyah.

Pihaknya terus mendorong jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk senantiasa berprestasi dengan mengembangkan kompetensi, minat, bakat  untuk berikan kontribusi positif bagi Kemenkumham.