Disdukcapil OKU kejar target pencetakan KTP Elektronik

id Kartu tanda penduduk elektronik, kejar target, cetak KTP, stok blangko, Disdukcapil OKU,Disdukcapil OKUl kejar target KT

Disdukcapil OKU kejar target pencetakan KTP Elektronik

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Ogan Komering Ulu (OKU), Yanizi. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) mengejar target pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saat ini kami sedang menggencar-gencarkan proses pencetakan KTP Elektronik warga," kata Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil OKU, Yanizi di Baturaja, Senin.

Dia mengemukakan, hingga saat ini dari 265.213 jiwa masyarakat OKU wajib KTP, sebanyak 253.060 orang diantaranya sudah melakukan perekaman data.

Dari jumlah tersebut pula sebanyak 198.747 keping kartu identitas sudah selesai dicetak dan telah dibagikan kepada seluruh warga pemilik kartu identitas.

"Artinya realisasi pencetakan KTP Elektronik ini sudah mencapai 74,94 persen dari target sasaran," jelasnya.

Untuk mengejar target pihaknya melakukan proses pencetakan kartu identitas setiap hari kerja, bahkan petugas Disdukcapil memanfaatkan waktu senggang saat malam hari untuk mencetak KTP agar mencapai target sasaran.

Hal tersebut dilakukan agar seluruh warga Kabupaten OKU yang wajib memiliki KTP Elektronik dapat mengantongi kartu identitas sehingga bisa menggunakan hak suara pada Pemilu 2024.

"Minimal sebelum pemilu nanti seluruh KTP yang belum diterbitkan sudah selesai dicetak. Kami optimistis dapat mencapai target apalagi dua mesin cetak yang tersedia saat ini tidak ada kendala," tegasnya.

Terkait persediaan blangko, Yanizi pun memastikan jumlahnya masih mencukupi, kalaupun nantinya kurang akan segera diajukan tambahan ke pemerintah pusat.

"Untuk blangko tidak ada masalah karena jumlahnya dapat langsung dipenuhi sesuai kebutuhan," ujarnya.