Pemkot Palembang siapkan program antisipasi banjir musim hujan

id Pemkot Palembang siapkan program antisipasi banjir musim hujan, banjir, program pengendalian banjir, antisipasi banjir musim hujan

Pemkot Palembang siapkan program antisipasi banjir musim hujan

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda saat meninjau kawasan permukiman yang tergenang akibat hujan lebat. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya menyiapkan sejumlah program untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan seperti sekarang ini.

Program antisipasi banjir di antaranya perbaikan saluran air, normalisasi sungai, dan penambahan kolam retensi, kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Jumat.

Selain itu, pihaknya juga menggalakkan kegiatan gotong royong bersama masyarakat untuk membersihkan sungai dan anak Sungai Musi dari sampah pada awal musim hujan November 2021 ini.

"Kegiatan gotong royong pejabat dan pegawai pemkot bersama masyarakat yang telah berjalan dengan baik selama ini diupayakan pada musim hujan  beberapa bulan ke depan lebih digalakkan lagi," ujarnya.

Kegiatan gotong royong yang digerakkan jajaran Pemkot Palembang setiap akhir pekan, sifatnya memotivasi warga kota setempat untuk peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan saluran air dan sungai dari rumput liar dan sampah.

Kegiatan bersama membersihkan sungai dan saluran air di kawasan permukiman penduduk, perkantoran, dan tempat lainnya itu, bermanfaat menjadikan kawasan tersebut bersih, indah, serta sebagai tempat tinggal dan beraktivitas yang nyaman dan sehat.

Dengan gotong royong, saluran air dan sungai kawasan permukiman penduduk yang selama ini dipenuhi sampah serta ditumbuhi rumput liar menjadi bersih sehingga bau kurang enak dan genangan air saat hujan lebat turun dapat diatasi.

Melihat besarnya manfaat kegiatan tersebut, pihaknya mengajak seluruh warga kota lebih menggalakkan kegiatan itu secara rutin pada setiap akhir pekan, meskipun tanpa didampingi pihak kelurahan dan jajaran Pemkot Palembang.

Melalui program pengendalian banjir dan kegiatan pembersihan secara gotong royong itu, diharapkan permasalahan banjir atau genangan air di sejumlah kawasan permukiman dan ruas jalan protokol pada saat hujan lebat cukup lama di atas satu jam bisa segera diatasi, ujar Wawako.