Terkait klaster Gowa, empat warga Kota Jambi positif terjangkit wabah COVID-19

id Empat warga kota jambi positif COVID-19,klaster gowa,kasus positif corona di jambi,covid-19,virus corona,walikota jambi,covid jambi

Terkait klaster Gowa, empat warga Kota Jambi positif terjangkit wabah COVID-19

Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyampaikan data terkini COVID-19 di daerah itu. (ANTARA/Muhamad Hanapi)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak empat orang pasien positif terjangkit COVID-19 di Kota Jambi pada Minggu sore terkait dengan Klaster Gowa, Sulawesi Selatan, kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

"Pada hari ini empat warga Kota Jambi kembali terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil uji swab Litbangkes Kementerian Kesehatan," kata dia di Jambi, Minggu.

Dari empat orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut, dua orang merupakan Klaster Gowa atau warga Kota Jambi yang mengikuti kegiatan tabligh akbar di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan pada awal Maret 2020.

Sebanyak dua orang tersebut, yakni laki-laki usia 47 tahun inisial AP, warga Kecamatan Danau Sipin dan laki-laki usia 46 tahun inisial HM, warga Kecamatan Kota Baru, sedangkan dua lainnya kontak erat dari pasien positif COVID-19 Kota Jambi yang juga Klaster Gowa,  yakni perempuan usia 39 tahun inisial ID dan perempuan usia 49 tahun inisial YL, keduanya warga Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.

Dengan penambahan empat orang terkonfirmasi positif tersebut, saat ini di Kota Jambi terdapat 13 warga terkonfirmasi positif COVID-19, di mana sebagian besar pasien merupakan Klaster Gowa.

Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi mengimbau semua pelaku perjalanan dari daerah terjangkit untuk segera melapor ke rukun tetangga (RT) setempat.

Apabila ada keluhan seperti gejala demam, batuk, pilek, dan sesak napas, katanya, mereka diminta segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat dan bersikap kooperatif.

"Semua pasien terkonfirmasi positif dan PDP di rawat di rumah sakit pemerintah, dan berdasarkan laporan dari pihak rumah sakit semua pasien secara klinis dalam keadaan baik, tidak ada yang memakai ventilator dan semua dalam kondisi stabil," kata Syarif Fasha.

Ia juga mengingatkan masyarakat mematuhi instruksi pemerintah untuk mendukung percepatan pencegahan penularan COVID-19, di antaranya tetap berada di rumah, menggunakan masker jika melakukan aktivitas di luar rumah, melakukan pembatasan sosial dan fisik, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti makan buah dan sayuran serta rutin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Pada Minggu, ada enam warga Provinsi Jambi terkonfirmasi positif COVID-19, di antaranya empat warga Kota Jambi dan masing-masing satu warga Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

Dengan penambahan enam pasien positif di Provinsi Jambi, hingga saat ini ada 38 warga Provinsi Jambi terkonfirmasi positif COVID-19, dan satu di antaranya sudah dinyatakan sembuh, sedangkan 37 lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit miliki pemerintah daerah setempat.