Informasi kemarin, mulai tidak cairnya THR PNS hingga IHSG yang terus naik

id THR,gaji ke-13,PNS,paket sembako,ojek online,ojol,ojk,bumn,erick thohir,ihsg,saham

Informasi kemarin, mulai tidak cairnya THR PNS hingga IHSG yang terus naik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat diwawancarai awak media. (ANTARA (Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (6/4) kemarin, mulai dari pemerintah yang akan mengkaji ulang pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terus menunjukkan tren kenaikan.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Sri Mulyani: Pemberian THR dan gaji ke-13 PNS dikaji ulang

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah akan mengkaji kembali pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam rangka menghemat belanja negara akibat wabah Virus Corona baru atau COVID-19.

“Presiden meminta kami membuat kajian untuk pembayaran THR dan gaji ke-13 apakah perlu untuk dipertimbangkan lagi mengingat beban belanja negara yang meningkat,” kata Sri Mulyani dalam Raker bersama Komisi XI DPR RI secara daring di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

2. Pemerintah akan bagikan 200 ribu paket sembako untuk warga Jabodetabek

Pemerintah akan membagikan 200 ribu paket sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sebagai stimulus untuk menanggulangi dampak sosial dari situasi pandemi virus corona baru atau COVID-19.

“Menteri Sosial (Juliari Batubara) telah melaporkan dalam waktu dekat ada 200 ribu paket sembako yang akan didistribusikan ke wilayah Jabodetabek. Ini di luar dari (program) social safety net (jaring pengaman sosial) COVID-19,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo dalam konferensi pers melalui video conference usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin.

Baca selengkapnya di sini

3. Beri keringanan ojek daring, OJK minta data pengemudi dan kendaraan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) minta perusahaan yang mempekerjakan pengemudi ojek daring (online) seperti Gojek dan Grab untuk memberikan data pengemudi dan data kendaraannya berupa nomor mesin dan rangka agar untuk memudahkan pengajuan keringanan cicilan kredit kendaraan.

Ini juga berlaku untuk perusahaan rental kendaraan yang mempekerjakan pengemudinya yang meminjam melalui perusahaan pembiayaan, kata juru bicara OJK Sekar Putih Djarot dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

4. Erick sampaikan 35 RS BUMN siap tangani COVID-19

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan bahwa sebanyak 35 rumah sakit BUMN sudah siap menangani pasien COVID-19.

"BUMN mempunyai 65 rumah sakit, di mana 35 rumah sakit diantaranya sekarang sudah buat COVID-19," ujar Erick usai meninjau RS Pertamina Jaya di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

5. IHSG ditutup menguat terbawa naiknya bursa saham Asia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin sore, ditutup menguat terbawa kenaikan bursa saham Asia.

IHSG ditutup menguat 188,4 poin atau 4,07 persen ke posisi 4.811,83. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 34,31 poin atau 4,88 persen menjadi 736,73.

"Kalau analisa teknikal sudah diprediksikan naik sebelumnya. Kalau sentimen masih berkaitan terhadap penguatan bursa di kawasan Asia seiring dengan adanya ekspektasi bahwa PM Shinzo Abe akan menetapkan state of emergency dalam rangka memerangi wabah COVID-19 yang melanda Jepang," kata analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar